res

Tips Mengasuh Anak dengan Metode Konfusianisme Ala Ibu-ibu Jepang

Aris Moza | Abdul Rohman - Kamis, 23 September 2021, 19:03 WIB

Ilustrasi Seorang Ibu dan Anak JepangIlustrasi Seorang Ibu dan Anak Jepang/flickr.com

FIXJAKARTA.COM - Sahabat FIXJAKARTA.COM pernahkah bertanya kenapa Jepang bisa menjadi negara yang super disiplin? Ya, tentu dimulai dari pendidikan yang paling mendasar. Dari sanalah bermula kenapa hari ini Jepang sangat baik dalam etos kerja dan kedisiplinannya. Bukan hanya itu tetapi teknologinya juga sangat maju. Nah, perilaku itu buah dari hasil pendidikan yang baik terutama pendidikan di lingkungan keluarga.  Anak-anak Jepang dikenal patuh, berperilaku baik, sopan, juga penuh perhatian.

Dilansir dari website sekolahdasar.net yang dikutip FIXJAKARTA.COM, ternyata metode membesarkan anak-anak di Jepang sangat menakjubkan. Para orangtua yakin bahwa anak-anak mereka akan mempelajari perilaku yang sesuai dengan teladan yang mereka berikan.

Saat anak-anak Jepang di luar rumah, mereka taat dan belajar untuk berperilaku sosial sebagai orang dewasa. Namun saat di rumah, anak-anak sepenuhnya bergantung pada orangtua mereka (terutama pada ibu).

Sebuah penelitian tentang teknik membesarkan anak yang diterbitkan oleh Kansas Association for Infant Mental Health dengan judul "Disiplin dalam Anak Usia Dini,” keluarga Jepang menumbuhkan kelekatan, empati, dan harmoni.

Menurut penelitian tersebut, pola asuh yang diterapkan orangtua di Jepang dengan mengurangi kecenderungan individualis anak muda melalui kedekatan yang ekstrem. Setiap anak memiliki hubungan yang sangat dekat dengan ibunya.

Hal tersebut terlihat dari orangtua tidur bersama buah hatinya hingga usia 6 tahun. Selama tiga tahun pertama kehidupan seorang anak, ibu mereka membawa mereka ke mana saja bersamanya.

Seorang ibu benar-benar mencurahkan waktunya untuk anak. Tidak ada anak Jepang yang dititipkan ke tempat penitipan anak atau prasekolah sebelum usia tiga tahun.

Orangtua di Jepang percaya bahwa anak-anaknya berkelakuan baik karena mereka membesarkan anak berdasarkan filosofi Konfusianisme. Gaya pengasuhan ini berasal dari cita-cita Konfusius untuk mendidik anak-anak dengan kebaikan.

Editor: Abdul Rohman

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi
terpopuler
sorot