Sediakan Homestay, Kafe dan Jogging Track, Mendes Halim Iskandar: BUMDes Dapat Mendukung Destinasi Super Prioritas Borobudur

Alfanny | Dwi Saputro Nugroho - Jumat, 24 September 2021, 7:50 WIB

Mendes PDTT Abdul Halim IskandarMendes PDTT Abdul Halim Iskandar/@halimiskandarnu

FIXJAKARTA.COM.  Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang ada di sekitar destinasi super prioritas Candi Borobudur berperan aktif mendukung pengembangan Borobudur antara lain menyediakan homestay, kafe dan jogging track bagi para wisatawan. 

Ketika berada di Magelang pada Kamis 23 September 2021, Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar meninjau beberapa Bale Ekonomi Desa (Balkondes) di Kec. Borobudur, Kab. Magelang.

"Keberadaan Balkondes disini selain meningkatkan PADes dan membuka lapangan pekerjaan bagi warga desa, juga memberikan dukungan terhadap destinasi super prioritas Borobudur," ujar Halim di akun twitternya @halimiskandarnu yang dikutip FIXJAKARTA.COM. 

"Pertama saya mengunjungi Balkondes Karangrejo, Agro Wisata Kampung Palawija. Menyediakan homestay setara hotel bintang 3 dengan suasana desa. Terdapat cafe & ruang pertemuan yang sangat nyaman. Pemandangan yang indah akan menambah gairah berpikir lebih jernih," tambahnya. 

Mendes Halim juga mengunjungi Balkondes Ngargogondo yang sudah menjalankan usaha Homestay dan cafe desa.

"Balkondes ini berencana membangun jogging track untuk wisatawan yang hobby berlari dengan menikmati indahnya alam," sambung Halim yang juga merupakan Ketua DPW PKB Jawa Timur. 

Terakhir Halim mengunjungi Balkondes Wringinputih yang juga menyediakan Homestay, cafe, dan balai pertemuan yang tidak kalah dengan dua Balkondes sebelumnya. Di Balkondes Wringinputih Kementerian Desa PDTT menggelar Bimbingan Teknis Kerjasama Pengelolaan Homestay untuk pelaku BUMDes di sekitar Borobudur

"Harapan saya BUMDes juga bisa ambil bagian lebih dalam memberikan dukungan terhadap destinasi super prioritas Borobudur. Tidak hanya urusan homestay, tapi bisa unit usaha lain," pungkas Halim

Editor: Alfanny

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi
terpopuler
sorot