res

Nyotaimori Tradisi Kuliner Jepang yang Makan di Atas Tubuh Telanjang, Ada di Indonesia?

Senja Bagus Ananda | Sukarno - Selasa, 19 Oktober 2021, 18:20 WIB

Ilustrasi sushi, makanan yang disajikan dalam Nyotaimori tradisi kuliner Jepang yang dimakan di atas tubuh telanjangIlustrasi sushi, makanan yang disajikan dalam Nyotaimori tradisi kuliner Jepang yang dimakan di atas tubuh telanjang/Unsplash

FIXJAKARTA.COM - Ada sebuah tradisi unik dalam kuliner Jepang. Tradisi menyajikan makanan berupa sashimi atau sushi di atas tubuh manusia (body sushi). Orang Jepang mengenal Nyotaimori (女体盛り) atau penyajian dari tubuh wanita yang telanjang, sementara jika penyajian dengan tubuh lelaki disebut Nantaimori (男体盛り). 

Praktik menyajikan makanan di atas tubuh ini diyakini merupakan tradisi kuno perayaan para samurai yang telah memenangkan pertempuran. Namun, di era modern sekarang tradisi ini telah berkembang menjadi sebuah suguhan istimewa dari kaum sosialita di berbagai belahan dunia. 

Para tubuh penyaji makanan sebelumnya telah mencukur semua bulu badannya, membersihkan seluruh bagian tubuhnya, dan mandi dengan sabun khusus bebas aroma. Setelah itu tubuh mereka disemprotkan cairan khusus untuk menjaga rasa dan aroma sushi

Meski terkesan aneh, sejumlah pihak menganggapnya sebagai seni dalam menikmati sushi. Saat ini, praktik Nyotaimori lebih umum ketimbang Nantaimori. 

Editor: Senja Bagus Ananda

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi
terpopuler
sorot