Kedepankan Asas Ramah Lingkungan, Wisata Situ Lebak Wangi Parung Diresmikan Wamen Desa Budi Arie Setiadi

Alfanny - Minggu, 10 Oktober 2021, 20:26 WIB

Wakil Menteri Desa & PDTT Budi Arie SetiadiWakil Menteri Desa & PDTT Budi Arie Setiadi/kemendesa.go.id

FIXJAKARTA.COM. Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Budi Arie Setiadi meresmikan Wisata Situ Lebak Wangi di Desa Pamegarsari, Parung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat PADA Kamis 7 Oktober 2021. Wisata desa ini dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan karang taruna.

Wamen Budi Arie mengatakan, pengembangan desa wisata merupakan realisasi dari janji Presiden Joko Widodo untuk dapat meningkatkan perekonomian di desa. Menurutnya, desa wisata akan menjadi salah satu penopang bagi pembangunan desa berkelanjutan.

"Pembangunan desa wisata ini janji Pak Presiden. Janji Pak Presiden adalah mengembangkan desa digital dan desa wisata. Desa wisata harus didorong terus menerus," ujarnya sebagaimana dilansir situs kemendesa.go.id yang dikutip FIXJAKARTA.COM. 

Terkait hal tersebut menurutnya, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan sejumlah kementerian/lembaga terkait, terus melakukan koordinasi dalam mendorong pengembangan desa wisata dan kreatif. 

Di samping itu ia juga mengingatkan, bahwa pengembangan desa wisata wajib mengedepankan asas ramah lingkungan. Ia berharap, wisata Situ Lebak Wangi yang memanfaatkan air sebagai sarana wisata ini, tetap menjaga ketersediaan dan kebersihan air yang ada.

"Semoga desa ini bisa menjadi pelopor. Karena masih ada banyak situ yang lain. Jadi fungsi air bisa kita jaga, dan bisa bermanfaat juga untuk pengembangan ekonomi masyarakat," terangnya.

Di sisi lain Wamen Budi Arie mengatakan, keberhasilan pengembangan desa wisata tidak lepas dari peran aktif anak-anak muda di desa. Untuk itu, ia mengajak desa agar menggandeng para pemuda desa untuk membantu proses pembangunan di desa.

"Karena contoh desa wisata yang maju itu pelopornya selalu anak muda. Karena desa tanpa anak muda nggak akan maju," ujarnya.

Untuk diketahui, dalam peresmian tersebut, Wamen Budi Arie bersama sejumlah pejabat lainnya menandatangani prasasti peresmian Desa Wisata Pamegarsari - Situ Lebak Wangi. Turut menandatangani prasasti tersebut yakni Menteri BUMN (Badan Usaha Milik Negara), Erick Thohir; Anggota Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia Adian Napitulu; dan Bupati Bogor, Ade Yasin.

Editor: Alfanny

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi
terpopuler
sorot