Hari Ini Puncak Arus Balik. Apa Antisipasi Pemprov DKI?

Alfanny - Minggu, 23 Mei 2021, 14:08 WIB

Spanduk Tolak PemudikSpanduk Tolak Pemudik/akun twitter r@spati

FIXJAKARTA.COM.   Hari ini, Minggu 23 Mei 2021 diperkirakan menjadi puncak arus balik pemudik yang masuk ke Jakarta mengingat, besok senin, para siswa sekolah sudah memulai pembelajaran di sekolah walaupun masih dengan metode daring.  Apa antisipasi pemerintah DKI Jakarta menghadapi arus balik pemudik tersebut?

"Kami memantau Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah melakukan pengecekan para pemudik yang masuk terminal-terminal bus. Mereka juga diarahkan untuk menjalani test antigen untuk memastikan tertular Covid-19 atau tidak. Bila hasil tes antigennya positif, maka para pemudik tersebut akan diabawa ke RS Darurat Covid di Wisma Atlet kemayoran, RS-RS lain atau isolasi mandiri," papar Wakil Ketua Dewan Kota Jakarta Barat Indra Gunawan kepada FIXJAKARTA.COM.

Namun, Indra mengakui banyak para pemudik yang turun di luar terminal atau langsung ke rumahnya masing-masing.

"Sebagai antisipasinya, kami melihat sudah ada mekanisme pengecekan oleh RT, RW, Babinsa TNI, Bhabinkamtibmas Polri dan lain-lain yang menanyakan apakah para pemudik tersebut membawa surat hasil tes swab atau antigen yang menyatakan mereka negatif.  Bila mereka belum menjalani tes antigen atau swab, maka akan diarahkan oleh petugas untuk menjalani tes secara gratis di setiap Polsek secara gratis," papar Indra. 

Indra berharap dengan sistem pengecekan yang sudah berjalan tersebut dapat meminimalisir potensi penularan Covid-19 di Jakarta sehingga tidak terjadi ledakan kasus Covid-19 pasca lebaran di Jakarta. 

Editor: Alfanny

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi
terpopuler
sorot