Hari Ini 20 Tahun Lalu Presiden Gus Dur Jatuh. Siapa Saja Kelompok Mahasiswa Yang Anti Gus Dur?

Alfanny - Jumat, 23 Juli 2021, 11:13 WIB

Demontrasi Anti Gus Dur tahun 2001Demontrasi Anti Gus Dur tahun 2001/Istimewa

FIXJAKARTA.COM.    Hari ini, 23 Juli 20 tahun lalu terjadi peristiwa besar yang memercikkan noda hitam pada sejarah Indonesia, ketika Presiden KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) diturunkan paksa melalui Sidang Istimewa MPR oleh sejumlah elit dan partai politik.  Gus Dur dilengserkan karena dinilai mengangkat Kapolri tanpa berkonsultasi dengan DPR dan mengeluarkan Dekrit Presiden yang membubarkan DPR dan Partai Golkar. 

Sebelum dijatuhkan, berbulan-bulan sebelumnya rangkaian aksi mahasiswa di berbagai kota tanah air marak menuntut mundurnya Presiden Gus Dur. Demonstrasi mahasiswa tersebut antara lain menuntut pengusutan kasus dugaan korupsi buloggate dan bruneigate yang dituduhkan pada Presiden Gus Dur, tapi tidak pernah dibawa ke pengadilan.  

Siapa sajakah kelompok mahasiswa yang terlibat dalam aksi-aksi menuntut Presiden Gus Dur mundur? 

Buku Menjerat Gus Dur, yang bersumber dari sebuah notulensi rapat perencanaan penjatuhan Gus Dur yang ditulis oleh Priyo Budi Santoso mengungkapkan hal tersebut.

Dalam notulensi tersebut, Priyo menuliskan, kekuatan massa yang dapat digunakan untuk menuntut Gus Dur mundur, diantaranya adalah jaringan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI)—berserta Korps Alumninya (KAHMI)— dan Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI).

Sejumlah aksi demonstrasi jalanan dikoordinasi oleh Ketua Umum PB HMI saat itu, M. Fakhruddin. Ia menuntut diungkapnya kasus Buloggate dan Bruneigate.  HMI juga menilai Gus Dur gala menjalankan amanat reformasi, dan menyingkirkan kekuatan Islam politik atau Poros Tengah yang mengusung Gus Dur menjadi presiden.

Sementara itu Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) juga merupakan organisasi yang dominan dan aktif dalam rangkaian aksi mahasiswa menjatuhkan Gus Dur.  KAMMI memakai dua bendera dalam aksi-aksi mahasiswa menuntut Gus Dur mundur.  Bendera pertama yaitu memakai bendera KAMMI sendiri.  Bendera kedua memakai bendera Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) sejumlah Perguruan Tinggi Negeri (PTN). 

Kader-kader KAMMI secara kultural memang mendominasi BEM_BEM di PTN seperti UI, IPB, UNJ dan PTN lain.  KAMMI merupakan organisasi ekstra mahasiswa baru yang dideklarasikan di Masjid Al Azhar Jakarta dalam momentum gerakan reformasi 1998. 

Walaupun tidak mengakui secara resmi, KAMMI diduga kuat berafiliasi dan mempunyai kemiripan ideologi dengan Partai Keadilan (PK) yang juga dideklarasikan pada momentum gerakan reformasi 1998. PK sekarang telah berganti nama menjadi PKS (Partai Keadilan Sejahtera) sejak Pemilu 2004.

Walaupun di sisi lain ada juga kelompok mahasiswa yang turun membela Gus Dur seperti Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) dan sejumlah BEM universitas Islam swasta, namun aksi mahasiswa yang menuntut mundurnya Gus Dur tidak mampu dibendung dan menjadi bahan bakar untuk mempercepat kejatuhan Gus Dur. ((red/diolah dari berbagai sumber)

Editor: Alfanny

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi
terpopuler
sorot