Harga Telur Jatuh akibat Over Supply, DPR Desak Pemerintah Hentikan PMA Integrator

Alfanny - Selasa, 26 Oktober 2021, 10:10 WIB

Harga Telur Jatuh akibat Over Supply, DPR Desak Pemerintah Hentikan PMA IntegratorHarga Telur Jatuh akibat Over Supply, DPR Desak Pemerintah Hentikan PMA Integrator/Istimewa

FIXJAKARTA.COM.   Anggota DPR RI Aboe Bakar Alhabsy menyesalkan harga telur jatuh akibat over supply.  Aboe mendesak pemerintah menghentikan Penanaman Modal Asing (PMA) Integrator yang ikut berbudiaya belakangan ini yang menyebabkan supply telur tidak terkendali.

“Langkah yang dapat dilakukan untuk mengembalikan harga telur ke level normal adalah dengan menghentikan pembangunan kandang-kadang integrator dan menyerahkan budidayanya kepada peternak rakyat agar tidak terjadi over supply telur,” ujar Aboe sebagaimana dilansir situs DPR pada Senin 25 Oktober 2021 yang dikutip FIXJAKARTA.COM. 

Aboe mengaku menerima pengaduan sekaligus keluhan dari masyarakat, peternak ayam petelur terkait rendahnya harga telur di tingkat peternak akibat over supply.

"Harga telur dari peternak saat ini Rp18.000. Dengan harga sebesar itu, bagi para peternak hanya mampu mengembalikan modal mereka saja," kata Aboe.

Sementara itu Ketua Paguyuban Peternak Rakyat Nusantara (PPRN) Alvino Antonio mengungkapkan penyebab anjloknya harga telur di pasaran belakangan ini. Alvino menyebut, penurunan harga telur sendiri dipicu oleh keberadaan investor asing yang turut andil dalam kegiatan budi daya sektor perunggasan. Akibatnya terjadi over supply di pasaran yang membuat harga telur jatuh cukup dalam.

Editor: Alfanny

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi
terpopuler
sorot