Haji Pra-Islam, Apa Saja Ritualnya?

Sukarno | Abdul Rohman - Jumat, 23 Juli 2021, 14:46 WIB

Ilustrasi Ka’bahIlustrasi Ka’bah/pixabay.com

FIXJAKARTA.COM - Ka'bah yang terletak di dekat pusat Mekkah dan merupakan tempat ibadah umat Islam yang paling suci. Umat Islam menghadap ke Ka'bah tiap salat, menguburkan jenazah menghadap ke arah ini, dan melaksanakan ibadah haji sesuai dengan perintah yang ditetapkan dalam Al-Qur'an.

Struktur bangunan Ka'bah berbentuk kubus dengan tingginya kira-kira 15 meter, dan dimensi luasnya 10×14 meter. Ka'bah dibangun dari batu abu-abu dan marmer.

Di sudut tenggaranya terdapat lubang tempat Hajar Aswad bersemayam.

Di dalam ruang Ka'bah, terdapat tiga pilar yang menopang atap dan sejumlah lampu perak dan emas yang digantung. Sepanjang tahun Ka'bah selalu ditutupi dengan kain brokat besar berwarna hitam yang disebut kiswah.

Semenjak dahulu kala, sebelum datangnya Islam yang dibawa Nabi Muhammad SAW, Ka'bah telah menjadi tempat suci pemujaan berbagai keyakinan religi.

Pada saat itu juga dikenal musim ziarah tahunan. Orang-orang dari berbagai wilayah dalam dan luar kawasan Arabia akan datang mengunjungi Ka'bah. Mereka datang ke Mekkah untuk untuk thawaf dan napak tilas leluhurnya.

Saat itu dinding Ka'bah dipenuhi aneka arca, patung dan berbagai gambar rekaan rupa malaikat, sebagai wujud memuliakan tempat haji dengan cara mereka sendiri.

Orang Nasrani menempelkan gambar Bunda Maryam di dindingnya. Penganut keyakinan Abrahamik yang lain berhaji seperti tata cara Nabi Ibrahim dan Ismail, ada juga yang menempelkan gambar Nabi Ibrahim.

Editor: Abdul Rohman

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi
terpopuler
sorot