Hadapi Bonus Demografi, Peluang Indonesia Menjadi Negara Maju

Senja Bagus Ananda - Rabu, 24 November 2021, 21:42 WIB

Mendikbudristek Nadiem Makarim. Hadapi Demografi, Peluang Indonesia Menjadi Negara MajuMendikbudristek Nadiem Makarim. Hadapi Demografi, Peluang Indonesia Menjadi Negara Maju/Istimewa

FIXJAKARTA.COM - Indonesia akan menghadapi puncak bonus demografi pada 2030 sebelum memasuki era emas tahun 2045. Kondisi ini jika dimanfaatkan dengan baik, akan menjadi peluang bagi Indonesia untuk menjadi negara maju

Menuju era tersebut, perlu menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul. Berbagai tantangan juga harus dihadapi agar era Indonesia Emas 2045 dapat tercapai.

“Ada negara yang menjadikan pertumbuhan populasi sebagai strategi perkembangan negaranya. Sebelum masuk ke 2045, kita sentuh dulu tahun 2030 karena ini kita akan berada dalam puncak bonus demografi,” kata pendiri Institute of Social Economic Digital (ISED) Rudiantara saat webinar ‘SDM Talenta Digital Menuju Era Indonesia Emas 2045’ yang dikutip FIXJAKARTA.COM, Rabu 24 November 2021.

Rudi menambahkan, dengan kondisi tersebut usia produktif penduduk Indonesia berada dalam puncaknya pada sembilan tahun ke depan. Akan tetapi, sangat penting untuk memanfaatkan bonus demografi agar periode tersebut diisi oleh sumber daya yang produktif.

Editor: Senja Bagus Ananda

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi
terpopuler
sorot