Gus Muhaimin: Mangrove Penting Atasi Persoalan Kawasan Pesisir dan Dampak Perubahan Iklim

Alfanny | Abdul Rohman - Minggu, 15 Agustus 2021, 19:59 WIB

Muhaimin Iskandar, Wakil Ketua DPR RIMuhaimin Iskandar, Wakil Ketua DPR RI

FIXJAKARTA.COM - Hutan Mangrove dinilai sangat penting sebagai salah satu aspek penting untuk mengatasi berbagai masalah di kawasan pesisir.  Tak hanya berfungsi sebagai paru-paru dunia, tapi mangrove juga penting untuk melindungi masyarakat dari risiko gelombang tinggi di wilayah pesisir dan dampak dari perubahan iklim.

"Keberadaan Mangrove sangat berkaitan dengan regulasi lingkungan hidup. Namun selama ini, regulasi terkait lingkungan hidup masih simpang siur termasuk kebijakannya," ujar Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar saat menyampaikan sambutan dalam sebuah webinar tentang Mangrove, Minggu 15 Agustus 2021 yang diliput reporter FIXJAKARTA.COM.

"Beberapa waktu terakhir kita telah membahas regulasi lingkungan hidup. Jika lingkungan hidup hancur, hidup kita akan semakin berat," tambah Gus Muhaimin, sapaan akrab Muhaimin Iskandar.

Menurut Gus Muhaimin, regulasi terkait lingkungan hidup dan perubahan iklim belum tuntas dibahas. Sehingga, komitmen mengatasi ancaman perubahan iklim belum berjalan baik.

"(Adalah) tugas kita menyelamatkan lingkungan hidup. Regulasi terkait lingkungan hidup dan perubahan iklim belum tuntas sehingga komitmen mengatasi ancaman perubahan iklim belum berjalan baik," terangnya.

Gus Muhaimin juga menilai pelestarian mangrove dan langkah-langkah penanganan wilayah pantai juga belum tuntas.

"Penanganan mangrove masih parsial dalam mengatasi hilir hulunya persoalan kelautan," tandas Wakil Ketua DPR tersebut.

Pada kesempatan itu, para narasumber sepakat keberadaan mangrove di wilayah pesisir pantai sangat penting. Tak hanya menjaga kehidupan masyarakat di pinggir pantai tapi juga melindungi habitat lain di sekitar pesisir pantai.

Editor: Abdul Rohman

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi
terpopuler
sorot