FIX! Taliban Kuasai Afghanistan, Mullah Abdul Ghani Akan Jadi Presiden Baru Afghanistan

Sukarno | Abdul Rohman - Minggu, 15 Agustus 2021, 16:27 WIB

Mullah Abdul Ghani Baradar beserta jajaran Taliban lainnya memasuki Istana Kepresidenan AfghanistanMullah Abdul Ghani Baradar beserta jajaran Taliban lainnya memasuki Istana Kepresidenan Afghanistan/@BabakTaghvaee

FIXJAKARTA.COM - Taliban telah semakin dekat untuk mengontrol penuh Afghanistan. Saat ini pimpinan organisasi teroris itu, Abdul Ghani Baradar dikabarkan menuju ke istana kepresidenan Afghanistan setelah Taliban mencapai gerbang kota Kabul tadi sore, Minggu 15 Agustus 2021.

Presiden Afghanistan Ashraf Ghani sepertinya tidak punya pilihan lagi. Ghani menyatakan ingin menghentikan kekerasan sebagai misi bersejarah. Ia berjanji akan mencegah pertumpahan darah lebih lanjut.

"Saya tidak akan membiarkan perang yang dipaksakan menyebabkan lebih banyak kematian," katanya tampak muram, seperti yang dilansir dari AFP.

Sebelumnya, Taliban berhasil merebut 23 ibu kota provinsi dari pemerintah Afghanistan yang sah. Sabtu lalu 14 Agustus 2021, kota Mazar-i-Sharif yang merupakan salah satu kota besar di Afghanistan, jatuh ke tangan Taliban.

Para tentara yang menjaga kota ini menyerah. Panglimanya Abdul Rashid Dostum dan Ata Mohammad Noor, kata Ebrahimzada, melarikan diri dari provinsi Balkh. Hal ini membuat milisi pro-pemerintah dan pasukan pendukung lainnya kehilangan moral dan kemudian ikut menyerah.

Sebagiannya melarikan diri ke Uzbekistan. Dinas setempat melaporkan sekitar 84 tentara Afghanistan menyeberang ke wilayahnya.

Disebutkan bahwa pasukan perbatasan Uzbekistan mengamankan para "pelanggar perbatasan negara". Pihak berwenang juga sudah mengadakan pembicaraan dengan pemerintah terkait untuk memulangkan kembali para tentara ke negara konflik itu.

"Uzbekistan telah menyediakan makanan, akomodasi sementara dan perawatan medis bagi tentara Afghanistan yang kabur," kata Kementerian Luar Negeri Uzbekistan dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir AFP Minggu 15 Agustus 2021.

Editor: Abdul Rohman

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi
terpopuler
sorot