FIX! Penghapusan 100 Persen Pajak Mobil Diperpanjang, Beli Mobil Makin Murah?

Aris Moza - Senin, 14 Juni 2021, 9:33 WIB

PPnBM DTPPPnBM DTP/kemenkeu.go.id

FIXJAKARTA.COM - Sebagai salah satu upaya mendongkrak daya beli masyarakat, Pemerintah melalui Kementerian Keuangan membuat kebijakan penghapusan Pajak Penjualan atas Barang Mewah ditanggung Pemerintah (PPnBM DTP) terhadap pembelian mobil baru Sejak 1 Maret 2021. Program ini dimulai untuk mobil penumpang 1.500 cc dengan kandungan lokal lebih dari 90 persen. Skemanya, per tiga bulan diberlakukan perubahan potongan pajak, yakni Maret-Mei diskon 100 persen, Juli-Agustus 50 persen, dan Oktober-Desember 25 persen.

Namun, Pemerintah memperpanjang diskon 100 persen Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) untuk pembelian mobil baru hingga Agustus 2021 yang pada Awalnya diskon pajak 100 persen tersebut hanya berlaku sampai dengan akhir mei 2021.

Agus Gumiwang Kartasasmita selaku Menteri Perindustrian menjelaskan, perpanjangan PPnBM DTP sudah disepakati Kementerian Keuangan dengan Kementerian Perindustrian, bahwa PPnBM DTP dapat diperpanjang. Menurut Agus hal ini telah sesuai dengan arahan Bapak Presiden Joko Widodo untuk melakukan terobosan-terobosan guna menciptakan iklim usaha yang kondusif di tengah kondisi pandemi.

"Ini bertujuan membangkitkan kembali gairah usaha di tanah air, khususnya sektor industri, yang selama ini konsisten berkontribusi signifikan bagi perekonomian nasional," kata Agus, Minggu 13 Juni 2021 dalam keterangan tertulis.

Editor: Senja Bagus Ananda

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi
terpopuler
sorot