FIX! Kapolri Izinkan Liga 1 Digelar Musim Ini

Sukarno | Abdul Rohman - Senin, 23 Agustus 2021, 21:12 WIB

Ilustrasi Pertandingan Liga 1Ilustrasi Pertandingan Liga 1/Instagram: liga1match

FIXJAKARTA.COM - Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo pada Senin 22 Agustus memberikan izin penyelenggaraan kompetisi sepakbola Liga 1 2021-2022 yang dijadwalkan berlangsung tanggal 27 Agustus 2021, namun pertandingan digelar dengan syarat protokol kesehatan (prokes) yang ketat.

"Setelah melakukan evaluasi PPKM maka kami sepakat untuk memberikan persetujuan terkait dengan perizinan untuk dilaksanakan penyelenggaraan Liga 1 maupun Liga 2. Namun tentunya tetap harus melaksanakan protokol kesehatan yang ketat," kata Listyo dalam jumpa pers virtual di Mabes Polri, Senin 23 Agustus 2021.

Kapolri juga menyebutkan telah rapat koordinasi dengan Kemenpora dan juga PSSI sebagai induk olahraga sepakbola. 

"Kami menyepakati dengan Ketua PSSI, Mochamad Iriawan, kemudian para pemilik klub dan pemimpin kelompok suporter, untuk kompetisi di tahap awal dilaksanakan tanpa penonton," katanya.

Izin pelaksanaan Liga 1 langsung diserahkan Kapolri kepada Menpora Zainudin Amali yang datang berkunjung ke Mabes Polri pada Senin sore. Dengan keluarnya izin kepolisian, pelaksanaan Liga 1 2021/2022 bisa dilangsungkan sesuai rencana yakni pada 27 Agustus 2021.

Pelaksanaan liga direncanakan memakai format series secara bubble to bubble dengan sentralisasi di Pulau Jawa, dengan enam seri pertandingan yang berlangsung di tiga klaster wilayah Pulau Jawa.

Klaster pertama meliputi DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten. Klaster kedua yaitu Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, lalu klaster ketiga di Jawa Timur.

Sebelumnya, liga Indonesia sudah terhenti selama satu tahun lebih karena pandemi Covid-19. Bahkan, Liga 1 2020 sudah dibatalkan setelah dihentikan pada Maret 2020.

Editor: Abdul Rohman

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi
terpopuler
sorot