FIX! Ini Cara Cek Pinjol Legal Atau Pinjol Ilegal

Alfanny - Selasa, 19 Oktober 2021, 20:08 WIB

ilustrasi Pinjol Ilegalilustrasi Pinjol Ilegal/Istimewa

FIXJAKARTA.COM.  Pemerintah telah berkomitmen untuk memberantas dan menindak tegas praktik-praktik pinjaman online (pinjol) ilegal yang dapat merugikan masyarakat.

“Kita bersama Kapolri, Kementerian Kominfo, Gubernur Bank Indonesia, dan juga Menteri Koperasi dan UKM telah mempunyai perjanjian bersama, surat keputusan bersama, kesepakatan bersama untuk memberantas semua pinjol ilegal,” ujar Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso sebagaimana dilansir FIXINDONESIA.COM dalam artikel https://fixindonesia.com/berita/4-cara-cek-pinjol-legal-atau-ilegal/ir85BsZrDk9QEJ8QYZd3d?page=2

Menurut Wimboh, saat ini terdapat 107 pinjol terdaftar dan berizin OJK. Wimboh menegaskan, seluruh penyelenggara harus masuk ke dalam asosiasi fintech.

“Dalam asosiasi itu digarap bagaimana membina para pelaku ini bisa lebih efektif memberikan pinjaman yang murah, cepat, dan tidak menimbulkan ekses-ekses penagihan yang melanggar kaidah dan melanggar etika. Ada kesepakatan yang sudah dibuat seluruh pelaku ini yang difasilitasi oleh asosiasi,” terangnya.

Wimboh kemudian menegaskan bahwa setiap penyelenggara fintech lending atau pinjol di Indonesia, wajib terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

"Karena itu penting untuk memastikan legalitas penyedia pinjaman online (Pinjol) legal agar tidak terjebak pinjol ilegal," pungkasnya. 

Berikut ini beberapa cara mengecek pinjol legal atau pinjol ilegal:

1. Cek di Website OJK

Akses laman update legalitas fintech di URL www.ojk.go.id/id/kanal/iknb/financial-technology/Default.aspx

2. WhatsApp OJK

Simpan nomor WhatsApp resmi OJK 081-157-157-157

3. Telpon 157

4. E-mail OJK

Pengecekan bisa dilakukan melalui surat elektronik dengan alamat waspadainvestasi@ojk.go.id. 

Editor: Alfanny

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi
terpopuler
sorot