FIX! IAIN Tulungagung Ganti Baju Jadi UIN SATU. Ini Sederet Keunggulannya

Alfanny - Minggu, 30 Mei 2021, 9:17 WIB

UIN SATUUIN SATU/Istimewa

FIXJAKARTA.COM. Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas hari ini, Sabtu 29 Mei 2021 mengumumkan peresmian 6 Universitas Islam Negeri (UIN) baru yang merupakan alih status dari IAIN (Institut Agama Islam Negeri). Salah satunya adalah UIN SATU (Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung). 

Perubahan ini memberikan dampak terhadap kemampuan keenam kampus tersebut untuk menyelenggarakan program pendidikan ilmu umum selain agama Islam. 

"Alih status 6 IAIN ini dibuat sebagai landasan terjadinya integrasi ilmu pengetahuan agama dengan segala macam ilmu pengetahuan lain, sehingga mampu menjawab tuntutan zaman dan teknologi," tegas Menteri Agama Yaqut Qolil Qoumas di Jakarta. 

Di tempat terpisah Maftukhin, rektor UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung  menyatakan berterimakasih dengan turunnya perpres presiden yang mengesahkan alih status dari IAIN menjadi UIN ini. 

"Dengan berubahnya kampus menjadi UIN ada harapan besar yang dibebankan Negara kepada kami agar mampu memberikan sumbangsih terhadap Bangsa dan Negara serta mampu mencetak generasi yang siap mengabdi pada masyarakat," ujar Maftukhin.   

Keunggulan UIN SATU

Sementara itu staf pengajar Fakultas Ushuludin Adab dan Dakwah (FUAD) UIN SATU Yuzki Maksum mengungkapkan sederet keunggulan dan keunikan UIN SATU kepada reporter FIXJAKARTA.COM.

"5 tahun terakhir, UIN SATU menjadi kampus PTKIN (Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri) yang paling diminati calon mahasiswa dengan rata-rata 36 ribu pendaftar setiap tahunnya," tandas Yuzki. 

Yuzki juga mengungkapkan kiprah UIN SATU dalam membantu pemerintah mengatasi pandemi Covid-19.

"UIN SATU mengizinkan rusunawa mahasiswa digunakan untuk tempat karantina pasien Covid," tutup Yuzki mengakhiri perbincangan dengan FIXJAKARTA.COM.

Editor: Alfanny

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi
terpopuler
sorot