FIX! Haji Hanya untuk Domestik dan Ekspatriat, Kalangan Pesantren Maklumi Keputusan Saudi

Alfanny - Sabtu, 12 Juni 2021, 19:42 WIB

Ka’bahKa’bah/pixabay.com

FIXJAKARTA.COM. FIX! Akhirnya, Pemerintah Kerajaan Arab Saudi telah mengumumkan bahwa skema haji 1442 H/2021 M hanya untuk warga negara Saudi dan warga asing (ekspatriat) yang saat ini tinggal di sana.   

"Pemerintah Saudi sudah mengumumkan haji hanya dibuka untuk domestik dan ekspatriat saja untuk menjaga keselamatan dan keamanan jemaah dari ancaman Covid-19 yang belum reda," kata Menag Yaqut Cholil Qoumas di Jakarta, Sabtu 12 Juni 2021. 

"Jumlah kuota ditetapkan 60 ribu, ini jauh lebih banyak dibanding tahun lalu," sambungnya dalam rilis yang diterima FIXJAKARTA.COM, Sabtu 12 Juni 2021. 

Menag mengapresiasi Kerajaan Saudi Arabia yang akhirnya menyampaikan keputusan resmi terkait penyelenggaraan haji 2021. Keputusan yang sudah ditunggu-tunggu ini menjadi pedoman yang jelas bagi umat muslim seluruh dunia, tidak hanya Indonesia, dalam konteks penyelenggaraan haji 1442 H.   

"Keputusan ini menunjukkan Saudi memprioritaskan aspek keselamatan dan kesehatan jiwa jemaah. Dengan pembatasan ini, maka protokol kesehatan akan tetap bisa berjalan dengan baik sekaligus mengantisipasi potensi penularan wabah dengan jumlah yang masif," jelas Gus Yaqut, sapaan akrab Menag.

Sementara itu kalangan pesantren juga memaklumi keputusan pemerintah Saudi tersebut dan berharap pengumuman dari Saudi dapat mengakhiri polemik dan hoax seputar keputusan pembatalan keberangkatan haji yang disampaikan Kementerian Agama beberapa waktu lalu.

"Sudah tepat keputusan Pemerintah Arab Saudi tersebut.  Kalangan pesantren dari awal sudah menduga bahwa pada akhirnya Saudi akan membatasi haji hanya untuk warga lokal dan ekspatriat.  Dari awal kami juga sudah mendukung pembatalan keberangkatan haji yang diputuskan Menag Yaqut Cholil Qoumas," tandas Pengasuh Pesantren Al Marzukiyah Cikarang Kabupaten Bekasi KH Abdurrahman kepada reporter FIXJAKARTA.COM, Sabtu 12 Juni 2021.  

"Semoga setelah pengumuman Saudi ini, polemik dan peredaran hoax tentang pembatalan keberangkatan haji juga dapat diakhiri dan umat Islam dapat kembali beribadah dengan tenang di Hari Raya Idul Adha mendatang," tutup Abdurrahman mengakhiri perbincangan dengan reporter FIXJAKARTA.COM. 

Editor: Alfanny

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi
terpopuler
sorot