FIX! Gratis Sertifikat Halal untuk UMK

Sukarno | Abdul Rohman - Kamis, 9 September 2021, 9:49 WIB

Peluncuran Program Sehati KemenagPeluncuran Program Sehati Kemenag/Kemenag.go.id

FIXJAKARTA.COM - Kementerian Agama, pada Rabu 8 September 2021 meluncurkan program Sertifikasi Halal Gratis (Sehati) untuk usaha mikro dan kecil (UMK). Peluncuran program ini dihadiri langsung oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Menag Yaqut dalam sambutannya menyampaikan beberapa hal terkait Sehati. Ia berharap program Sehati dapat meningkatkan iklim usaha di Indonesia.

“Saya menyambut baik dan mengapresiasi program ini. Dalam suasana pandemi saat ini ketika iklim usaha sedang menurun, kehadiran sertifikasi halal gratis bagi UMK menjadi oase yang membangkitkan harapan,” kata Menag Yaqut, Rabu 8 September 2021.

Menag juga menyampaikan bahwa program sehati dapat menjadi pemantik untuk bangkit dari keterpurukan akibat pandemi.

"Program Sehati diharapkan menjadi pemantik semangat baru untuk bangkit dari keterpurukan akibat pandemi. Ini juga memberikan pesan kepada kita saatnya kita tidak meratapi nasib, namun mari nyalakan lilin untuk menerangi dan mengatasi semua kesulitan yang dihadapi,” sambung Menag Yaqut.

Menurut Menag, masyarakat dunia mengakui produk halal identik dengan kualitas dan higienitas. Sehingga, tidak heran jika pertumbuhan produk halal terus meningkat, bahkan menjadi gaya hidup global (halal lifestyle).

Berdasarkan pengalaman tersebut, tahun ini BPJPH Kemenag berinisiasi kembali mengggandeng kementerian, lembaga, dan instansi yang memiliki anggaran/dana fasilitasi sertifikasi halal untuk UMK. Sehingga, dengan Sehati Menag akan pastikan bahwa pelaku usaha tidak hanya memenuhi indikator halal dan higienis. Namun, juga peningkatan pandangan positif masyarakat.

"Program Sehati ditujukan kepada UMK karena sebagian besar belum memiliki sertifikasi halal. Melalui sertifikasi halal gratis ini, diharapkan makin banyak UMK yang bisa menembus pasar halal global," kata Menag Yaqut.

Editor: Abdul Rohman

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi
terpopuler
sorot