Ekonomi Menurun Tajam Selama PPKM Darurat, Apa Komentar Pengamat Ekonomi?

Alfanny - Selasa, 13 Juli 2021, 9:00 WIB

Penyekatan jalan saat PPKM DaruratPenyekatan jalan saat PPKM Darurat/Istimewa

FIXJAKARTA.COM.  Pemberlakuan PPKM Darurat untuk mengendalikan lonjakan Covid-19 hingga 20 Juli 2021 dan bahkan akan diperpanjang selama 6 minggu hingga akhir Agustus 2021 dinilai akan menyebabkan penurunan tajam sektor ekonomi. 

"Sebagian besar sektor ekonomi menurun tajam, tapi ada yang justru meningkat seperti industri kesehatan  dimana konsumsi produk kesehatan naik dari obat covid hingga vitamin," ujar pengamat ekonomi dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Guswandi Ph.D kepada reporter FIXJAKARTA.COM Selasa 13 Juli 2021. 

"Industri oksigen termasuk alat penyimpanannya juga dipastikan meningkat omsetnya dan untungnya bahkan laju peningkatan keuntungannya akan lebih besar dari laju peningkatan omset," papar Guswandi

Guswandi juga menilai sektor pertanian tetap bergerak, misalnya pencari madu hutan dan peternak madu yang diyakini secara tradisi memperkuat kesehatan badan.

"Namun industri pengolahan madu ini perlu dukungan pemerintah. Yang utama adalah memberantas pemalsuan madu dengan serius. Konsumsi madu kita relatif rendah. Salah satunya adalah konsumen ragu dan bahkan takut konsumsi madu karena pemalsuan. Padahal potensi madu alam maupun madu ternak kita tinggi sekali karena faktor alam cukup mendukung," ungkap Guswandi

Selain madu, Guswandi juga melihat industri makanan dan minuman khususnya susu mendapat windfall profit.

"Bayangkan saat panic buying kemarin masyarakat memborong "susu beruang". Ini susu premium, marjinnya tinggi," urai Guswandi.

Sementara itu untuk menggenjot pemasukan negara, Guswandi menyarankan agar pemerintah bisa  memungut pajak lebih dari sektor yang tingkat spekulasinya relatif tinggi dan high gain seperti pasar modal

"Selain itu, Pemerintah Pusat juga bisa berperan dalam peningkatan produksi pangan di perkotaan lewat pertanian kota (urban agriculture)," tambahnya.   

Di sisi lain, Guswandi mengharapkan solidaritas sosial perlu ditingkatkan selama masa PPKM Darurat untuk mecegah terjadinya kerawanan sosial. 

"Orang kaya dan orang kaya baru karena covid sebaiknya membantu yang fakir dan miskin," pungkas Guswandi menutup perbincangan dengan FIXJAKARTA.COM. 

Editor: Alfanny

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi
terpopuler
sorot