Dugaan Makelar Tanah dalam Normalisasi Kali Ciliwung Dibongkar PSI

Alfanny - Rabu, 15 September 2021, 12:24 WIB

Justin UntayanaJustin Untayana/Istimewa

FIXJAKARTA.COM.  Anggota DPRD DKI Jakarta dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Justin Untayana menemukan adanya dugaan makelar tanah berkedok biro jasa terhadap warga terdampak program normalisasi Kali Ciliwung.   Justin mendapat laporan dari warga saat reses di RW 3 Kelurahan Cawang, Jakarta Timur beberapa hari yang lalu.

"Saya dapat laporan bahwa ada biro jasa menyebarkan informasi yang membuat khawatir warga, yaitu bahwa nanti pembebabsan tanah akan sulit jika warga mengurus sendiri surat-surat pembebasan tanah," ujar Justin sebagaimana dimuat akun twitter @PSI_Jakarta pada Rabu 15 September 2021 yang dikutip FIXJAKARTA.COM.

"Biro jasa tersebut menawarkan bantuan untuk mengurus surat-surat dengan meminta komisi sekitar 25 persen," tambah Justin. 

Menindaklanjuti permasalahan tersebut, Fraksi PSI di DPRD DKI Jakarta meminta Pemprov DKI membuka peta trase tanah yang akan dibebaskan untuk normalisasi sungai serta menjelaskan tahapan pembebasan lahan sejak jauh hari agar warga bisa bersiap. 

PSI juga meminta Pemprov DKI Jakarta dengan setiap instansi terkaitnya harus aktif mengarahkan dan mensosialisasikan warga agar mengurus sendiri surat-surat pembebasan tanah.

"Pemprov DKI jangan memberi ruang bagi biro jasa untuk mendulang untung dari rakyat kecil yang akan digusur," pungkas PSI


Editor: Alfanny

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi
terpopuler
sorot