Drugs Abuse, Perspektif UU Narkotika

Dwi Saputro Nugroho - Jumat, 9 Juli 2021, 10:22 WIB

Dwi NugrohoDwi Nugroho

Oleh: Dwi Nugroho, SH (Advokat, LBH PP GP Ansor)

FIXJAKARTA.COM - Ramai diberitakan penangkapan selebritis Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie oleh Polres Jakarta Pusat di kediamannya di Kebayoran Lama, Rabu, 7 Juli 2021. Polisi menyebut keduanya menggunakan dan menyalahgunakan Narkoba jenis Sabu-sabu. Fakta bahwa artis banyak menggunakan Narkotika sudah jamak diberitakan, bagaimana perspektif hukum mengatur tentang tindak pidana penyalahgunaan narkotika.

Tulisan ini berusaha mengulas secara umum.

Sebagaimana diketahui "knowing the facts about drugs and illicit drugs trafficking", yakni mengetahui fakta tentang narkoba dan peredaran gelap narkoba, untuk memahami kekhususan UU narkotika yang saat ini belum dipahami betul oleh masarakat dan penegak hukumnya.

Drugs Abuse

Drugs abuse atau penyalahgunaan narkotika adalah pola perilaku dimana seseorang menggunakan obat-obatan golongan narkotika yang tidak sesuai dengan fungsinya, dapat membahayakan kesehatan fisik mental dan sosial bagi penyalahgunanya.

Oleh karena itu, menyalahgunakan narkotika dilarang di seluruh dunia dan di Indonesia dilarang secara pidana, diancam dengan sanksi pidana, diatur dalam UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Namun, faktanya pada penjatuhan tidak berupa sanksi pidana, tetapi sebagai gantinya berupa rehabilitasi.

Narkotika merupakan zat yang berbahaya dikonsumsi, tergantung jenis narkotika yang digunakan, seberapa banyak yang telah dikonsumsi dan dalam jangka waktu berapa lama menggunakan narkotika.

Editor: Abdul Rohman

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi
terpopuler
sorot