dr. Tirta: Waspada, Tren Kasus Covid Luar Jawa Naik

Alfanny - Kamis, 29 Juli 2021, 19:06 WIB

dr. Tirta Hudhidr. Tirta Hudhi/Istimewa

FIXJAKARTA.COM.   Influencer dr. Tirta Hudhi mengingatkan agar pemerintah dan masyarakat mewaspadai tren kenaikan kasus harian Covid-19 di luar Jawa.   Tirta menyoroti permasalahan klasik seperti kelangkaan obat, proses tes PCR yang lama dan birokrasi vaksin.

"Perbaiki birokrasi (untuk mendapatkan) vaksin di luar Jakarta, NIK ganda, stok vaksin ga ada, fotokopi KTP, surat domisili dan proses tes PCR di Puskesmas luar jawa bisa mencapai 5 hari," cuit Tirta di akun twitternya @tirta_hudhi pada Kamis 29 Juli 2021 sebagaimana dikutip FIXJAKARTA.COM. 

Tirta juga meminta Kementerian Kesehatan agar memastikan ketersediaan obat di puskesmas di luar Jawa dan Bali. 

"Kalau Kemenkes tidak percaya, bisa saya kasih tahu curhatan pasien luar Jawa, cari obat saja susah," tandas Tirta. 

Lebih lanjut Tirta menambahkan bahwa telemedisin melalui aplikasi hanya efektif di Jawa dan Bali, tapi tidak di luar Jawa.   

"Tolong jangan sampai kasus (covid) Jawa-Bali turun, malah kasus luar Jawa naik," tambahnya.   

"Setiap hari saya akan ingatkan terus, karena setiap hari ada pasien luar Jawa WA, susah dapat vaksin dan mengeluhkan kehabisan obat (dan hasil) PCR bisa lama," pungkas Tirta mengakhiri cuitannya. 

Selama lebih dari seminggu terakhir, dr. Tirta membuka layanan telemedisin melalui whats app (WA) dan banyak mendapatkan informasi terkait sejumlah permasalahan seputar covid dari sejumlah pasien yang menghubunginya. 

Editor: Alfanny

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi
terpopuler
sorot