Dorong Penggunaan Produk Dalam Negeri, Menteri Desa Luncurkan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia di Kaltim

Sukarno | Abdul Rohman - Selasa, 12 Oktober 2021, 19:12 WIB

null/@halimiskandarnu

FIXJAKARTA.COM - Tidak sedikit inspirasi kebangkitan ekonomi datang dari desa. Dengan inspirasi itu, Kementerian Desa dan PDTT me-launching Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) di Kalimantan Timur.

Peluncuran gerakan dengan tema Go Borneo ini ditujukan bagi UMKM dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) yang ada di Kaltim.

"Go Borneo kita harapkan hadir untuk membangkitkan semangat mengenalkan, mengembangkan, memajukan, dan memperluas pemasaran produk UMKM dan BUMDesa khas Kalimantan Timur," kata Menteri PDTT Abdul Halim Iskandar di akun twitternya @halimiskandarnu pada Selasa 12 Oktober 2021 yang dikutip FIXJAKARTA.COM.

Menurut Halim, launching ini merupakan kelanjutan dari rangkaian Gernas BBI yang telah ada dan sukses sebelumnya.

Gernas BBI diluncurkan pada 14 Mei 2020. Dalam perkembangannya, selama tahun 2020 Gernas BBI berhasil menaikkan lebih dari 3,8 juta UMKM & BUMDesa ke dalam platform digital, sehingga memiliki cakupan pemasaran yang luas.

Di tahun berikutnya, hingga Oktober 2021 gerakan ini mampu menaikkan 6,07 juta UMKM & BUMDesa masuk platform digital, meningkat hampir 2 kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya.

Halim menambahkan bahwa di saat peluncuran, Go Borneo telah mengkurasi 8 ribuan mitra binaan UMKM dan BUMDesa, dan 220 di antaranya telah masuk dalam platform e-commerce SMEXPO Pertamina yang terdiri dari 2 UMKM berkategori Furniture; 43 UMKM berkategori Craft; 56 UMKM berkategori fashion; 16 UMKM berkategori Agrobisnis; dan 103 UMKM berkategori Food and Beverages.

Kemendesa PDTT berharap, melalui Gernas BBI, UMKM dan BUMDesa yang memanfaatkan e-commerce sebagai media pemasaran digital dapat meluaskan pasar serta merespons kebiasaan belanja baru. (ano)

Editor: Abdul Rohman

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi
terpopuler
sorot