Dihadiri Stafsus Mendesa Malik Haramain, PAC GP Ansor Ngebel Ponorogo Gelar Pendidikan Berdesa

Alfanny | Dwi Saputro Nugroho - Sabtu, 20 November 2021, 19:38 WIB

Dihadiri Stafsus Mendesa Malik Haramain, PAC GP Ansor Ngebel Ponorogo Gelar Pendidikan BerdesaDihadiri Stafsus Mendesa Malik Haramain, PAC GP Ansor Ngebel Ponorogo Gelar Pendidikan Berdesa/Istimewa

FIXJAKARTA.COM.  Untuk memperkuat civil society khususnya di masyarakat pedesaan, PAC GP Ansor Ngegel Ponorogo menggelar Pendidikan Berdesa 1 yang dihadiri Stafsus Mendesa Malik Haramain pada Jumat 19 November 2021 kemarin. 

Acara pembukaan yang berlangsung secara "hybrid" ini diikuti oleh ketua 21 PAC se-Ponorogo secara luring di RM. Bu Lis Kecamatan Ngebel, dan seluruh Kasatkoryon juga Sekretaris PAC se-Ponorogo secara daring via "zoom meeting".

Staf Khusus Mendesa Malik Haramain yang mewakili  Menteri Desa PDTT RI "Gus Menteri" Abdul Halim Iskandar didaulat menjadi keynote speaker dalam acara Pendidikan Berdesa 1 PAC GP Ansor Ngebel. 

Dalam ulasannya, Malik memberi gambaran mengenai peran yang dapat diambil oleh pemuda GP Ansor di tingkat desa. Selain itu berbagai permasalahan di desa seperti rendahnya serapan dana desa, kebijakan pemerintah, RPJMDes, hingga RKPDes disampaikan dalam kesempatan ini. Diharapkan GP Ansor sebagai pilar civil society dengan segenap potensi dan modal sosialnya, bisa terjun dan berperan aktif dalam pembangunan di tingkat desa.

"Demokrasi yang kuat dan sehat tidak hanya membutuhkan political society yang kuat, namun juga membutuhkan dunia masyarakat (civil society) yang sehat dan kuat pula. Gerakan Pemuda Ansor merupakan satu-satunya organisasi pemuda yang mempunyai struktur kepengurusan, jaringan dan garis komando yang jelas mulai pusat hingga tingkat ranting/desa. Hal ini menjadikan GP Ansor berpotensi besar menjadi penyangga kekuatan civil society," ujar Malik dalam rilis yang dikutip FIXJAKARTA.COM.

Menurut Malik, potensi serta modal sosial Gerakan Pemuda Ansor jika dimanfaatkan secara maksimal akan memiliki dampak yang amat besar bagi perkembangan kehidupan. Baik dari segi sosial, ekonomi, budaya serta politik dalam tubuh Ansor sendiri maupun masyarakat secara luas. Dan dengan sendirinya, GP Ansor akan bertransformasi menjadi penggerak dalam penguatan civil society.

PC GP Ansor beberapa tahun belakangan terus berupaya dan fokus dalam Gerakan Ansor Berdesa. Dimana kader GP Ansor didorong untuk lebih berperan aktif dalam usaha menjadi motor penggerak pembangunan desa.

Editor: Alfanny

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi
terpopuler
sorot