Digital Marketing [1]: Apa itu Digital Marketing? Digital vs Tradisional Marketing.

Alfanny - Jumat, 13 Agustus 2021, 7:00 WIB

Ilustrasi Digital MarketingIlustrasi Digital Marketing/pixabay

FIXJAKARTA.COM.

Oleh: Indro ‘IP-man’ Purwoko

APA ITU DIGITAL MARKETING?

SUDAH saatnya bagi setiap pemilik bisnis untuk menguasai Digital Marketing. Keharusan untuk menguasai digital marketing berlaku baik bagi perusahaan besar, menengah, maupun kecil. Semua bisnis membutuhkan digital marketing. Hal ini tidak terlepas dari kenyataan bahwa mayoritas penduduk Indonesia sudah terhubung dengan internet dan bergantung kepada perangkat elektronik seperti laptop dan smartphone.

E-Marketing atau Digital Marketing menurut (Chaffey & Mayer, 2009) adalah pemasaran yang memiliki lingkup lebih luas karena mengacu pada media digital seperti web, e-mail dan media nirkabel, tetapi juga meliputi pengelolaan data pelanggan digital, dan juga bagaimana Internet dapat digunakan bersama dengan media tradisional untuk memperoleh dan memberikan layanan kepada pelanggan.

Menurut Coviello, Milley & Marcolin. Digital Marketing ialah penggunaan internet dan penggunaan teknologi interaktif lain untuk membuat dan menghubungkan dialog antara perusahaan dan konsumen yang telah teridentifikasi.

Kesimpulan: 

Semua strategi digital dan channel marketing yang digunakan untuk tetap terhubung dengan konsumen secara online merupakan definisi digital marketing. Dari website, social media marketing, iklan PPC, email marketing, hingga SEO termasuk dalam digital marketing.

Editor: Alfanny

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi
terpopuler
sorot