Dari Mas ke Bro: Persahabatan Lintas Iman

Senja Bagus Ananda | Alfanny - Rabu, 3 November 2021, 18:50 WIB

Alto Luger/ Dari Mas ke Bro: Persahabatan Lintas ImanAlto Luger/ Dari Mas ke Bro: Persahabatan Lintas Iman

Oleh Alto Luger

FIXJAKARTA.COM - Beta baru kenal Gus Men Yaqut Cholil Qoumas belum lama. Kalau dihitung-hitung, baru sekitar 3 tahun. Beta lebih banyak menghabiskan waktu di luar negeri sehingga dinamika politik dalam negeri, termasuk dinamika hubungan lintas iman itu berada di luar areal interest beta. 

Setelah balik ke Indonesia di bulan Agustus 2018, barulah beta mulai belajar dinamika politik dalam negeri, termasuk isu-isu radikalisme, ekstremisme, terorisme, dan isu-isu hubungan lintas iman, yang salah satunya bermuara pada interaksi beta dengan beliau. 

Pertemuan pertama dengan Bro Yaqut Cholil Qoumas terjadi di Kantor GP Ansor di Jakarta. Masih dengan candaan yang sama, "Mas Alto, saya ini pengagum Anda loh." Dan beta pun membalas dengan balasan yang sama, "Wah, Gus bercandanya kelewatan ini."

Tapi dari interaksi pertama itu dan berlanjut dengan interaksi-interaksi selanjutnya, Bro Yaqut Cholil Qoumas beberapa kali mengajak ketemu di luar struktur GP Ansor dan mendiskusikan beberapa hal yang terpetakan sebagai anomali dalam trajektori peran GP Ansor dalam dinamika politik nasional. Beta jadi tahu bahwa walaupun masih sangat baru mengenal Gus Men, beliau sangat tulus dalam membangun persahabatan dan persaudaraan. 

Editor: Senja Bagus Ananda

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi
terpopuler
sorot