Dari Beragam Suku, Inilah 12 Kyai dan Tokoh NU Yang Sudah Ditetapkan Sebagai Pahlawan Nasional

Alfanny - Rabu, 10 November 2021, 11:07 WIB

Dari Beragam Suku, Inilah 12 Kyai dan Tokoh NU Yang Sudah Ditetapkan Sebagai Pahlawan NasionalDari Beragam Suku, Inilah 12 Kyai dan Tokoh NU Yang Sudah Ditetapkan Sebagai Pahlawan Nasional/istimewa

FIXJAKARTA.COM.  Selama ini masyarakat menganggap kyai dan tokoh NU hanya berasal dari suku Jawa khususnya Jawa Tengah dan Jawa Timur.  Namun, penelitian sejarah yang dilakukan Wakil Sekjen PBNU KH Abdul Mun'im DZ mengungkapkan bahwa 12 kyai dan tokoh NU yang sudah ditetapkan sebagai pahlawan nasional berasal dari beragam suku di Nusantara, tidak hanya Jawa

“Semua ini menunjukkan bahwa para kyai dan tokoh NU yang berperan besar dalam memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan berasal dari beragam suku di nusantara," ujar KH Abdul Mun’im Dz, Minggu 7 November 2021 dalam rilis yang dikutip FIXJAKARTA.COM. 

Adapun 12 Pahlawan Nasional yang berasal dari NU tersebut adalah:

1.    KH Hasyim Asy’ari dari Suku Jawa. Ia adalah pendiri NU, Panglima Tertinggi Laskar Santri yang terdiri dari Barisan Kiai, Laskar Hisbullah, dan Laskar Sabilillah. Kiai Hasyim Asy’ari mendapat gelar Pahlawan Naisonal RI berdasarkan SK Presiden RI No. 294 November 1964.

2.    KH Wahid Hasyim, suku Jawa. Ia adalah Ketua Umum PBNU, berjuang melawan penjajah. Semasa hidupnya pernah menjadi anggota BPUPKI, perumus Pancasila hingga Menteri Agama RI. Kiai Wahid Hasyim mendapatkan gelar Pahalawan Nasional RI berdasarkan SK Presiden RI No. 206 Agustus 1964.

3.    KH Zainul Arifin Pohan berasal dari Suku Batak adalah Komandan Hizbullah. Kiai Zainul Arifin pernah mengemban amabah sebagai Ketua PBNU dan Anggota Konstituante. Ia juga pernah menjadi Wakil Perdana Menteri RI. Berdasarkan SK Presiden RI No. 35, 4 Maret 1963 ia mendapatkan gelar Pahlawan Nasional RI.

4.    KH Zainal Mustofa berasal dari Sunda. Ia pernah mengemban amanah sebagai Ketua PCNU Singaparna. Kiai Zainal Mustifa gugur sebagai syahid dalam perjuangan melawan penjajah Jepang. Ia mendapatkan gelar Pahlawan Nasional RI berdasarkan SK Presiden RI No. 064, November 1972.

5.    H Andi Mappanyukki  dari Suku Bugis. Ia adalah Raja Bone dan pendiri NU Sulawesi Selatan. H Andi Mappanyukki berjuang melawan penjajah Belanda dan Jepang pada tahun 1945-1949. Ia mendapatkan gelar Pahlawan Nasional RI berdasarkan (SK. Presisen RI No. 089, 5 November 2004.   

6.    H Andi Djemma berasal dari Suku Luwu dan pernah menjadi Raja Luwu. H Andi Djemma adalah pendiri NU Sulawesi Selatan. Ia berjuang melawan penjajah Belanda 1946-1948. Ia mendapatkan gelar Pahkawan Nasional RI berdasarkan SK. Pres RI No. 073, 6 November 2002.

Editor: Alfanny

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi
terpopuler
sorot