Check it Out! Tips Melakukan Isolasi Mandiri

Aris Moza | Abdul Rohman - Selasa, 13 Juli 2021, 10:37 WIB

null/Facebook Fanspage: Kementerian Kesehatan RI

FIXJAKARTA.COM - Meningkatnya kasus yang terpapar Covid-19 membuat rumah sakit di Indonesia tidak lagi mampu menampung pasien Covid-19. Oleh karena itu, ada alternatif bagi pasien tanpa gejala dan bergejala ringan. Untuk mengurangi beban rumah sakit, pasien tanpa gejala dan gejala ringan boleh untuk melakukan isolasi mandiri dirumah dan harus atas sepengetahuan dokter atau petugas kesehatan lainnya.

Namun, meskipun sedang berisolasi ada beberapa hal yang harus diperhatikan, jangan sampai saat isolasi mandiri menambah gejala pasien. Untuk itu FIXJAKARTA.COM akan membagikan beberapa tips saat menjalani isolasi mandiri.

Sebelum pasien memutuskan untuk melakukan isolasi mandiri, pasien harus memastikan bahwa dirinya tidak mempunyai riwayat penyakit komorbid, saturasi oksigen diatas 94 persen dan tidak mengalami sesak nafas.

Nah, setelah memastikan kondisi aman untuk isolasi mandiri, perhatikan juga lingkungan tempat isolasi, apakah memungkinkan untuk isolasi mandiri atau tidak. Di rumah ada ruang atau kamar tersendiri yang terpisah dengan anggota keluarga yang lain, tidak serumah dengan kelompok berisiko tinggi seperti kalangan lansia, orang dengan daya tahan tubuh lemah, bayi, komorbid (diabetes, hipertensi, penyakit jantung, dan lain-lain).

Dokter Spesialis Penyakit Dalam & Konsultan Penyakit Dalam Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet dr. Andi Khomeini Takdir menyatakan masyarakat perlu mengetahui kiat-kiat isolasi mandiri yang benar agar kesehatannya cepat pulih.

dr. Andi menjelaskan bahwa saat melakukan isolasi mandiri di rumah, pertama-tama pasien harus memakai masker. Kedua, kamar harus terpisah dan pastikan jendela kamar isolasi mandiri pasien terbuka. Bagi pasien yang menjalani isolasi mandiri harus menjaga makanan dengan gizi seimbang

Selain itu bagi pasien yang isolasi mandiri agar tidak mendiagnosis diri sendiri, kalau memungkinkan harus terus berkonsultasi dengan dokter. Apabila ada gejala yang sangat semakin dirasa berat, perlu untuk menghubungi dokter.

Dr. dr. Erlina Burhan, M.Sc, SpP(K) membagikan cara isolasi mandiri di rumah bagi pengidap Covid-19. berikut apa saja yang perlu dilakukan ketika isolasi mandiri di rumah:

Editor: Abdul Rohman

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi
terpopuler
sorot