Cegah Covid-19, UI Edukasi Santri

Alfanny - Minggu, 23 Mei 2021, 10:04 WIB

santri putrisantri putri/ui.ac.id

FIXJAKARTA.COM.  Selama pandemi Covid-19, pondok pesantren yang tetap melakukan pembelajaran tatap muka merupakan tempat yang rawan terhadap penyebaran Covid-19 sehingga menimbulkan klaster Covid di beberapa pesantren. Untuk meminimalisir resiko penyebaran Covid di pesantren, Universitas Indonesia (UI) menerjunkan sejumlah dosen dan mahasiswanya untuk memberikan edukasi pencegahan Covid-19 di beberapa pondok pesantren, termasuk Pesantren Gontor, Jawa Timur. 

“Saat ini, kehidupan di pondok  rentan terhadap penularan kasus Covid-19 mengingat jumlah santri yang sangat banyak di satu lokasi. Bila ada satu orang terkena Covid-19 maka penularannya akan sangat cepat,” ujar Dr. Atik Nurwayuni, anggota tim pengabdian masyarakat (pengmas) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) yang memberikan edukasi pencegahan Covid-19 dan pola hidup bersih sehat bagi para santri di Gontor.

Kegiatan pengabdian masyarakat UI ini dilakukan di Pondok Modern Gontor Putri 1 yang berlokasi di Kecamatan Mantingan, Kabupaten Ngawi, Provinsi Jawa Timur. Pondok ini memiliki santri lebih dari 3.500 orang dengan rentang usia 12 hingga 20 tahun. 

“Permasalahan yang sering ditemui adalah rentannya santri dari berbagai penyakit menular, seperti kudis (scabies), diare, muntaber, tifoid, cacar, gatal di kepala akibat kutu, hepatitis A, TBC, dan lain-lain. Padahal, hampir semua penyakit yang disebutkan di atas sebetulnya dapat dilakukan pencegahannya melalui perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS),” ujar Dr. Atik Nurwayuni.

Pengabdian masyarakat ini dilakukan melalui serangkaian kegiatan, diantaranya diskusi dengan para ustadzah, edukasi santri, pemberian bantuan sarana kebersihan seperti sabun cuci piring, sabun cuci tangan, handsanitizer, dan masker. Selain itu, poster-poster edukasi juga dibuat dan dipasang di tempat strategis sebagai pengingat bagi para santri untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan. (Alf/Diolah dari ui.ac.id)

Editor: Alfanny

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi
terpopuler
sorot