Bukan Hanya RI, Rusia Juga Ingin Pindahkan Ibukotanya ke Siberia

Alfanny - Jumat, 17 September 2021, 23:36 WIB

MoskowMoskow/pixabay.com

FIXJAKARTA.COM.  Pindah ibukota tampaknya menjadi trend di dunia internasional beberapa tahun belakangan ini.  Selain Indonesia yang ingin memindahkan ibukotanya dari Jakarta ke Kabupaten Penajam Paser Utara, Rusia juga ingin memindahkan ibukota dari Moskow ke Siberia

“Kita perlu membangun tiga, bahkan lima kota dengan pusat ilmiah, industri, dan ekonomi di Siberia. Dengan kata lain, kota dengan 300—500 ribu penduduk, atau bahkan, kalau bisa, hingga satu juta orang. Tujuannya tak hanya untuk membangun kota dan memindahkan ibu kota ke sini, tetapi supaya kota-kota tersebut berfokus pada bidang kegiatan tertentu,” ujar Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu sebagaimana dilansir situs id.rbth.com beberapa waktu lalu yang dikutip FIXJAKARTA.COM. 

Bukan kali ini saja, Rusia memindahkan ibukotanya. Berdasarkan catatan sejarah, Rusia pernah memindahkan ibukota negaranya sebanyak dua kali. Pada tahun 1712, ibukota Rusia dipindahkan ke St Peterburg, namun tahun 1918 ibukota berpindah kembali ke Moskow.

Pada 2012, Sergei Shoigu sudah mengusulkan pemindahan ibu kota Rusia ke Siberia.

“Secara umum, banyak orang membicarakannya, dan saya mungkin hanya salah satunya. Saya percaya bahwa kita perlu memindahkan ibu kota ke suatu tempat yang lebih jauh, ke Siberia,” ujarnya.

Shoigu menjelaskan bahwa pemindahan ibu kota ke Siberia akan menghentikan perpindahan penduduk wilayah timur Rusia. Namun, saat itu ia tidak mengatakan kota mana yang bisa menjadi ibu kota baru.

Wacana pemindahan ibu kota Rusia ke Siberia sudah berulang kali dibahas. Langkah pertama pemindahan tersebut sudah dimulai dengan memindahkan gedung Mahkamah Konstitusi Federasi Rusia ke Sankt Peterburg sejak 2008.

Jika Indonesia dan Rusia masih berencana memindahkan ibukota, beberapa negara telah memindahkan ibukotanya dalam 30 tahun terakhir. 

Tahun 1997, Kazakhstan memindahkan ibu kotanya dari Almaty ke Astana karena Almaty merupakan pusat bisnis dan kota dengan populasi terbesar di Kazakhstan. 

Negeri jiran Malaysia juga telah memindahkan ibu kota dari Kuala Lumpur ke Putrajaya pada tahun 1999. Kondisi Kuala Lumpur yang semakin tidak kondusif menjadi alasan pusat pemerintahan pindah ke Putrajaya.

Apakah Indonesia akan berhasil memindahkan ibukotanya? Waktu yang akan menjawab. (Alf/Diolah dari berbagai sumber)

Editor: Alfanny

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi
terpopuler
sorot