Bukan Bendera Taliban, Paralimpiade Tokyo Kibarkan Bendera Afghanistan yang Lama Sebagai Simbol Solidaritas

Alfanny - Rabu, 25 Agustus 2021, 8:19 WIB

Bendera Afghanistan di Paralimpiade Tokyo 2020Bendera Afghanistan di Paralimpiade Tokyo 2020/@PDChina

FIXJAKARTA. Walaupun Taliban sebagai penguasa baru Afghanistan sudah memperkenalkan bendera Taliban yang bertuliskan kalimat tauhid sebagai bendera Afghanistan yang baru, tapi dunia internasional tampaknya masih mengakui bendera Afghanistan lama yang terdiri dari warna hitam, merah dan hijau. 

Pada defile pembukaan Paralimpiade Tokyo 2020, tampak seorang sukarelawan membawa bendera Afghanistan berwarna kombinasi hitam, merah dan hijau seperti dilansir akun twitter @PDChina yang dikutip FIXJAKARTA.COM. 

Walaupun tidak ada atlet Afghanistan yang berlaga dalam Paralimpiade Tokyo 2020, namun bendera Afghanistan tetap ditampilkan dalam defile pembukaan sebagai simbol "solidaritas dan perdamaian".

Warga Afghanistan di pengungsian juga masih mengakui bendera Afghanistan yang lama.  Saat berdemonstrasi di kantor UNHCR Kebon Sirih Jakarta, ratusan pengungsi Afghanistan terlihat mengibarkan bendera Afghanistan yang lama.

Di Afghanistan sendiri, sejumlah warga Afghanistan masih mengibarkan bendera Afghanistan yang lama saat berunjuk rasa menentang kekuasaan Taliban dengan pada peringatan Hari Kemerdekaan Afghanistan tanggal 19 Agustus 2021 lalu. Unjuk rasa yang terjadi di sejumlah kota tersebut direpresi oleh milisi Taliban. Tercatat tiga orang tewas di Jalalabad saat unjuk rasa tersebut.

Editor: Alfanny

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi
terpopuler
sorot