Brigjen Pol DR Andry Wibowo SIK , MSi., Polisi Penangkap Hercules yang Kini Jadi Kabinda Yogyakarta

Alfanny - Rabu, 11 Agustus 2021, 20:12 WIB

Brigjen Pol DR Andry Wibowo SIK , MSi.Brigjen Pol DR Andry Wibowo SIK , MSi./Istimewa

FIXJAKARTA.COM.   Siapa tak kenal Hercules Rosario, sosok preman yang sangat ditakuti masyarakat Jakarta beberapa tahun yang lalu.  Tapi bagi Brigjen Pol DR Andry Wibowo SIK , MSi., sosok Hercules tidak perlu ditakuti dan menjadi momok apalagi jika ia melakukan pelanggaran hukum.

Dan keberanian Andry Wibowo tersebut dibuktikan ketika ia berhasil memimpin penangkapan Hercules bersama 120 anggotanya dalam kasus sengketa lahan di Cengkareng. Andry diperintah langsung Kapolres Jakarta Barat Kombes Pol Edward Syah Pernong.

Penangkapan Hercules tersebut menjadi pretasi yang membanggakan bagi Andry.  Namun masih banyak lagi sejumlah prestasi lainnya ketika bertugas di Ibukota Jakarta dan daerah lainnya.

Kiprahnya di ibukota, ia memimpin wilayah Polsek Koja di Jakarta Utara. Tantangan ini cukup sulit, karena tingkat kriminalitas di wilayah Koja sangat tinggi. Tapi dengan strategi dan pendekatan humanis Andry dapat menekan angka kejahatan di Koja yang multi etnis. 

Keberhasilan tersebut menyebabkan Andry dipromosikan menjabat Kasat Reskrim Polres Jakarta Utara. Di sini pun, Andry yang mempunyai latar belakang profesional di bidang Reskrim berhasil mengungkap kejahatan yang melibatkan sosok pelaku seorang artis terkenal ibukota. Dengan menggunakan metode crime scientific investigation, kasus yang terjadi di Pondok Putri Duyung, Ancol itu dapat terungkap. 

Keberhasilan tersebut diapresiasi pimpinan Polda Metro Jaya dengan mempromosikan Andry ke wilayah Polres Jakarta Barat sebagai Kasat Reskrim. Memang, diakui tantangan tugas di wilayah ini lebih kompleks karena berbagai kasus kejahatan jalanan dan ekonomi.   Selain itu, di Jakarta Barat terdapat pusat-pusat ekonomi nasional dengan perputaran uang yang cukup tinggi.   

Setelah berpangkat AKBP, dia dipercaya menjabat Kabag Operasional Polres Jakarta Pusat. Tantangan tugas ini cukup berat, karena Polres Jakarta Pusat harus menghadapi pengamanan obyek vital, seperti istana Presiden, gedung DPR/MPR, Kawasan Olahraga Senayan, Monas dan banyaknya Kedubes Asing di wilayah Jakarta Pusat. Demo nyaris setiap saat terjadi apalagi jelang dan sesudah pileg dan pilpres 2014.   

Selesai mengikuti Sespimmen Polri, AKBP Andry Wibowo, kemudian dipromosikan menjabat Kapolres Bengkalis, Polda Riau. Di wilayah yang berbatasan laut dengan Malaysia ini, Andry membuat sejumlah terobosan tentang metode-metode pengamanan dan penyelidikan dan penyidikan.

Salah satu prestasinya, Andry mengungkap kasus kejahatan lingkungan yang melibatkan oknum ASN termasuk oknum kepala desa di wilayah itu. Andry juga menyandang Kapolres Terbaik PAM Pemilu 2014. 

Setelah kembali ke Mabes Polri, beberapa saat kemudian Andry dipromosi menjadi Direktur Kriminal di Polda Sulselbar. Dari sana Andry dipromosi menjabat Kapolres Jakarta Timur.

Saat di Jakarta Timur, Andry mengaku menerapkan program penguatan masyarakat Neighborhood And Community Security System (NCSS), menghadapi pilkada yang riskan dengan friksi dan gesekan antargolongan dan Operasi Waskita terkait pengamanan VVIP atas kedatangan Presiden Obama, hingga menekan tawuran antar pelajar. 

Setelah ditempatkan di Biro Wasidik Polri Andry Wibowo, menyusun disertasi untuk promosi Doktor Ilmu Kepolisian dengan tema konflik antarsuporter Persib Bandung dengan Persija Jakarta. Makalah dengan judul “Perpolisian Kerumunan pada Pertandingan Sepak Bola di Indonesia. Studi Kasus: Konflik Viking (Suporter Persib) dan Jakmania (Suporter Persija) “. 

Dihadapan 10 tim penguji, Kombes Andry mendapatkan kelulusan Cum Laude, sehingga berhak menyandang predikat strata lll (doktor) llmu Kepolisian sejak 28 Juni 2018. 

Pada tahun 2019, Andry mengikuti pendidikan Sespimti dan lulus akhir tahun 2019. Selulus Sespimti Andry ditempatkan di Bareskrim Polri dan kemudian dimutasi ke Lemdikpol. Setelah beberapa bulan berkecimpung di Lemdik kini Andry berkiprah di bidang intelijen. 

Saat ini Brigjen DR Andry Wibowo SIK, MSi, menjabat Kepala Badan lntelijen Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Di tengah situasi pandemi COVID-19, Andry  bertekad bersama semua stake holder dan Forkopimda DI Yogyakarta untuk bersama menekan penularan COVID-19 di wilayah tugasnya. (Alf/Diolah dari berbagai sumber)

Editor: Alfanny

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi
terpopuler
sorot