Bolehkah Melawak Sambil Kritik Pemerintah? Ini Pendapat Cinta Laura dan Kiky Sahputri

Alfanny - Rabu, 11 Agustus 2021, 21:48 WIB

Cinta Laura dan Kiky SaputriCinta Laura dan Kiky Saputri/Istimewa

FIXJAKARTA.COM.   Di era reformasi, kritik terhadap pemerintah sudah menjadi makanan sehari-hari masyarakat Indonesia. Semua orang kini bebas mengkritik pemerintah termasuk para komika di pentas stand up comedy.

Namun banyak juga orang yang tidak suka bila para komika tersebut melontarkan kritik.  Hal tersebut pun dialami oleh komika Kiky Saputri ketika memposting lagu kritik terhadap pemerintah di TikTok. Kiky pun diserang para buzzer pembela pemerintah. 

"Setelah lagu tersebut viral, ada orang yang bilang agar kita melawak saja, tidak usah sok-sokan kritik pemerintah," ujar Kiky dalam podcast bersama Cinta Laura Kiehl di channel youtube PUELLA ID pada Minggu 8 Agustus 2021 yang dikutip FIXJAKARTA.COM. 

"Justru kan saya melawak karena mengkritik pemerintah.  Saya pernah me-roasting para menteri seperti Ibu Susi, diundang roasting Pak Erick Thohir," tambah Kiky

Menurut Kiky, ia sudah sering memposting tentang materi percintaan dan lawakan sehari-hari, kini ia ingin menyuarakan hal yang mewakili banyak orang. 

Sikap Kiky pun didukung oleh Cinta Laura yang menjadi host podcast tersebut.

"Anak muda jangan takut menyuarakan opini karena pasti ada orang di luar sana yang mempunyai pendapat yang sama," tandas Cinta Laura. 

Kiky pun menambahkan bahwa ketika mengkritik pemerintah,  ia sering ditanya apa yang sudah dilakukannya untuk negeri ini.

"Apakah kita harus membangun jembatan dulu baru boleh menyanyi (lagu kritik)?' tanya Kiky yang disambut tawa Cinta Laura

Mereka berdua sepakat bahwa setiap kritik atau pendapat merupakan freedom of speech and expression yang harus dihormati.

"Kita harus terbiasa menerima opni yang tidak sesuai pendapat kita," pungkas Cinta Laura

Editor: Alfanny

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi
terpopuler
sorot