Biografi Ganjar Pranowo, Sama-Sama Lulusan UGM seperti Jokowi

Senja Bagus Ananda | Sukarno - Kamis, 27 Mei 2021, 6:23 WIB

Ganjar Pranowo dan Joko WidodoGanjar Pranowo dan Joko Widodo/@ganjar_pranowo

FIXJAKARTA.COM - Lelaki yang bernama lengkap H. Ganjar Pranowo, S.H., M.IP. adalah politisi kelahiran Karang Anyar, Jawa Tengah, 28 Oktober 1968. Beliau merupakan anak kelima dari enam bersaudara dari pasangan Parmuji Pramudi Wiryo dan Suparmi.

Ayahnya adalah seorang polisi yang sangat disiplin sementara ibunya hanya seorang ibu rumah tangga biasa. Mereka hidup dalam lingkungan yang bisa dibilang cukup sederhana.

Awal karier politiknya dimulai sedari mahasiswa. Ia bergabung dengan Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI). Dari akivitas organisasi inilah yang kemudian membawanya menjadi salah satu aktivis dari kampus terkemuka bersama Anies Baswedan.

Selepasnya dari kampus dan menjadi alumni, Ganjar termasuk calon dalam pemilihan ketua di Kongres Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (KAGAMA) yang diselenggarakan pada November 2014 di Kendari. Ia terpilih dari hasil musyawarah mufakat bersama tiga calon ketua umum lainnya, yaitu Sri Sultan Hamengkubuwono (Ketua Umum KAGAMA periode 2009-2014), Budi Karya Sumadi (Ketua Pengda KAGAMA DKI Jakarta), dan Usman Rianse (Pengda KAGAMA Sulawesi Tenggara). Dengan begitu, Ganjar didaulat menjadi Ketua Umum KAGAMA selama periode 2014 – 2019 menggantikan Sri Sultan Hamengkubuwono X sebagai Ketua Umum. 

Berikut ini profil dari Ganjar Pranowo

Editor: Senja Bagus Ananda

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi
terpopuler
sorot