BIN Sebut Penangkapan Pengurus MUI Bukan Kriminalisasi Ulama

Sukarno | Abdul Rohman - Sabtu, 20 November 2021, 13:59 WIB

BIN sebut penangkapan pengurus MUI bukan kriminalisasi ulamaBIN sebut penangkapan pengurus MUI bukan kriminalisasi ulama/Facebook Fanpage: Majelis Ulama Indonesia

FIXJAKARTA.COM - Deputi VII Komunikasi dan Informasi BIN Wawan H Purwanto mengatakan, penangkapan Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ahmad Zain An-Najah (AZ) dan dua ustadz lainnya yang ditangkap yaitu Ustaz Anung Al Hamat (AA) dan Ketua Umum Partai Dakwah Indonesia (PDRI) Ustaz Ahmad Farid Okbah bukanlah bentuk kriminalisasi.

Menurut Wawan, Polri melalui Datasemen Khusus 88 (Densus 88) sudah sesuai standar operasional prosedur (SOP) dalam penangkapan ketiga terduga terorisme. Dalam penangkapan itu Densus 88 Antiteror sudah memiliki alat bukti yang jelas.

"Kita melihat apa yang dilakukan Densus itu on the track dan jangan sampai ketidakadilan dalam penangkapan itu. Kalau sudah ada alat bukti dan saya kira bagaimana prosesnya itu kita ikuti secara cermat," kata Wawan Purwanto dalam acara diskusi Trijaya Hot Topic Petang bertema "Menyoal Penangkapan Teroris JI” pada Jumat, 19 November 2021 sebagaimana dikutip FIXJAKARTA.COM.

Baca juga: Komisi Yudisial Tekankan Pentingnya Kepercayaan Publik terhadap Lembaga Peradilan

Ia juga menyebut, polisi sudah melakukan penyelidikan sejak lama sehingga penangkapan bukanlah suatu rancangan kriminalisasi.

"Sudah dipantau lama sejak 2014 sudah dilakukan pemantauan. Kita tidak menyudutkan lembaganya dan kriminalisasi ulama. Itu penangkapan orang perorang. Dan saat ini sedang disidik. Yang jelas terjadi terkait penggalangan dana," katanya.

Label kriminalisasi ulama belakangan ini sedang gencar apabila terdapat ulama atau tokoh Islam yang ditangkap oleh polisi. Disisi lain, banyak pula yang menilai adanya ulama-ulama yang berhaluan radikal terus menyebarkan paham anti kebhinekaan dan anti NKRI maka oknum-oknum seperti itu wajib ditertibkan oleh negara, salah satunya dengan cara penangkapan.

Terkait itu, penangkapan anggota komisi fatwa MUI pun mendapat sorotan publik. Bahkan beberapa hari belakangan ini beredar seruan di sosial media agar MUI dibubarkan.

Editor: Abdul Rohman

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi
terpopuler
sorot