Bhutan Mampu Atasi Pandemi Covid-19

Sukarno | Abdul Rohman - Minggu, 27 Juni 2021, 14:04 WIB

Raja Bhutan, Jigme Khesar, mendaki gunung untuk menyapa rakyatnya agar taat protokol kesehatanRaja Bhutan, Jigme Khesar, mendaki gunung untuk menyapa rakyatnya agar taat protokol kesehatan/@kingjigmekhesar

FIXJAKARTA.COM - Baru-baru ini viral berita Raja Bhutan yang mendaki gunung didampingi dua pengawalnya untuk memantau penangan dan pencegahan pandemi Covid-19 secara langsung.

Sang Raja, Jigme Khesar Namgyel Wangchuck, menelusuri hutan hingga gunung selama 14 bulan dengan berjalan kaki, mobil, hingga menunggang kuda.

Ia mendatangi daerah di pelosok demi melihat penerapan protokol kesehatan di dusun-dusun terpencil.

"Ketika raja melakukan perjalanan bermil-mil dan mengetuk, untuk memperingatkan warga tentang pandemi, maka kata-katanya yang rendah hati dihormati dan ditanggapi dengan sangat serius," kata Perdana Menteri Bhutan, Lotay Tshering, seperti dikutip Reuters.

Raja Jigme juga menelusuri jalan setapak selama lima hari melewati ketinggian hingga 4.343 meter demi mengucapkan terima kasih kepada para petugas medis dan kesehatan di daerah terpencil.

"Raja mendatangi semua daerah perbatasan yang berisiko tinggi berkali-kali untuk memantau setiap tindakan yang dilakukan dan untuk memastikan praktik terbaik berjalan meski dengan sumber daya yang terbatas," kata perwakilan Badan Kesehatan Dunia (WHO) di Bhutan, Rui Paulo de Jesus.

Melansir dari The Atlantic, Bhutan hanya memiliki 337 dokter dan total 3.000 tenaga kesehatan. Sementara itu penduduknya berjumlah sekitar 760 ribu orang.

Secara proporsi, Indonesia dan Bhutan memiliki rasio yang sama antara dokter dengan jumlah penduduk, yaitu 0,4 per 1.000 orang.

Editor: Abdul Rohman

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi
terpopuler
sorot