Beroperasi Pertengahan 2022, Apa Saja Tipe Stasiun LRT Jabodetabek?

Alfanny - Selasa, 12 Oktober 2021, 0:44 WIB

LRT JabodetabekLRT Jabodetabek/@keretaapkita

FIXJAKARTA.COM.  Dibuat untuk meningkatkan kapasitas transportasi massal di Jabodetabek, Light Rail Transit (LRT) atau Lintas Raya Terpadu Jabodetabek direncanakan akan beroperasi pada pertengahan 2022. 

Sebelum kita menggunakannya nanti, ada baiknya kita mengenali terlebih dahulu tipe stasiun LRT Jabodetabek yang terdiri dari dua tipe. 

"Stasiun LRT Jabodebek terdiri dari 2 tipe yaitu tipe Interchange Station yakni Stasiun Cawang dan tipe Typical Station untuk 17 stasiun lainnya. Lalu apa ya bedanya? Perbedaannya dari tipe stasiun tersebut adalah jumlah jalur, luas stasiun dan fasilitas tambahan yang ada di dalamnya," cuit akun @keretaapikita pada Senin 11 Oktober 2021 yang dikutip FIXJAKARTA.COM. 

"Interchange Station terdiri dari 3 lantai dimana lantai 1 yaitu area boarding dan komersial, lantai 2 area peron, dan lantai 3 adalah area komersial. Sedangkan untuk tipe Typical Station terdiri dari 2 lantai, dimana lantai 1 adalah area boarding dan lantai 2 merupakan area peron," lanjut @keretaapikita. 

Sementara itu, Stasiun Cawang merupakan Interchange Station dikarenakan merupakan stasiun persimpangan atau stasiun transit dimana pelanggan dari stasiun Harjamukti yang ingin menuju ke arah Stasiun Jatimulya dapat berhenti dulu di Stasiun Cawang dan berganti kereta tujuan Stasiun Jatimulya, maupun sebaliknya.

Pembangunan prasarana LRT Jabodebek mencapai 94,36 persen per September 2021 lalu.  Nantinya, terdapat 18 stasiun LRT Jabodebek yang akan melayani masyarakat.

Berikut daftarnya: Stasiun Dukuh Atas-Stasiun Setiabudi-Stasiun Rasuna Said-Stasiun Kuningan-Stasiun Pancoran-Stasiun Cikoko-Stasiun Ciliwung-Stasiun Cawang-Stasiun Taman Mini Indonesia Indah (TMII)-Stasiun Kampung Rambutan-Stasiun Ciracas-Stasiun Harjamukti-Stasiun Halim-Stasiun Jatibening Baru-Stasiun Cikunir I-Stasiun Cikunir II-Stasiun Bekasi Barat-Stasiun Jatimulya. 

Editor: Alfanny

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi
terpopuler
sorot