res

Berkenalan Dengan Kopi Asal Aceh: Kopi Gayo

Aris Moza | Abdul Rohman - Sabtu, 11 September 2021, 15:25 WIB

Ilustrasi Biji Kopi GayoIlustrasi Biji Kopi Gayo/flickr.com

FIXJAKARTA.COM - Sahabat FIXJAKARTA.COM, kalian pasti sudah tidak asing dengan minuman kopi, kan? Ya, kopi adalah minuman yang paling banyak diminati di Indonesia. Nah, Salah satu propinsi ujung barat Indonesia yaitu propinsi Aceh, selain dikenal karena keunikan dan kekhasan budayanya, Aceh dikenal juga sebagai salah satu sentra produksi kopi arabika terbesar tak hanya di Indonesia, namun juga di Asia dengan kualitas kopinya yang baik di level dunia.

Kopi asal Aceh ini lebih dikenal dengan sebutan Kopi “Gayo” karena karakteristik aroma dan rasa kopinya yang khas. Kopi Gayo sendiri merupakan varietas kopi arabika yang menjadi salah satu komoditi unggulan yang berasal dari Dataran Tinggi Gayo, Aceh Tengah, Indonesia.

Perkebunan di Gayo, Aceh Tengah rata-rata berada pada ketinggian 1.000 hingga 1.200 meter di atas permukaan laut. Lokasinya berada di sekitar kota Takengon dan dekat dengan Danau Tawar. Mayoritas suku yang tinggal di daerah ini adalah orang-orang Gayo.

Karakter Rasa Kopi Arabika Gayo

Nah, bagi kalian pecinta kopi wajib merasakan keistimewaan kopi Gayo. Dilansir dari website caffeland, karakter rasa kopi gayo yang kuat, tingkat keasaman yang rendah dengan sedikit rasa rempah (spice), membuatnya sangat digemari, terutama di Amerika Serikat dan Eropa. Karakter yang clean membuatnya laku sebagai campuran house blend. Ciri khas Kopi Arabika Gayo adalah cenderung memiliki rasa yang tidak konsisten. Hal itu terjadi karena perkebunan kopi di daerah Dataran Tinggi Gayo memiliki ketinggian yang berbeda, serta cara budidaya yang beragam. Kalau kopi yang ditanami di areal yang berbeda, dengan ketinggian yang berbeda, serta varietas yang beragam, maka memungkinkan karakteristik kualitas fisik dan cita rasa juga akan berbeda pula. (aris/diolah dari berbagai sumber)

Editor: Abdul Rohman

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi
terpopuler
sorot