Berikan Kontribusi ke PDB Sebesar Rp1.389 triliun, UMKM Perempuan Indonesia Tembus Pasar AS

Alfanny - Senin, 15 November 2021, 20:07 WIB

Berikan Kontribusi ke PDB Sebesar Rp1.389 triliun, UMKM Perempuan Indonesia Tembus Pasar ASBerikan Kontribusi ke PDB Sebesar Rp1.389 triliun, UMKM Perempuan Indonesia Tembus Pasar AS/Istimewa

FIXJAKARTA.COM. Peran UMKM perempuan Indonesia terhadap perekonomian cukup membanggakan. Bagaimana tidak, kontribusi UMKM perempuan Indonesia ke PDB tercatat sebesar  Rp1.389 triliun. PekaN lalu, pada 13-14 November 2021, 4 UMKM perempuan Indonesia difasilitasi oleh KemenKopUKM (Kementerian Koperasi dan UKM) untuk berpartisipasi dalam ajang Atlanta Ultimate Women’s Expo yang berlangsung di Cob Galleria Center, Two Galleria Parkway, Atlanta, Amerika Serikat dan berupaya menembus pasar AS.

Sebanyak 4 (Empat) pelaku UKM mendapat fasilitas yaitu, UKM Animorfosa dengan Produk Handycraft, UKM Collor Island dengan Produk Accesoris, Batik, Handmade Textile, UKM Gava Goods dengan Produk Body Care dan UKM Kokonut dengan Produk Fashion Wanita. 

Deputi Bidang UKM Kementerian Koperasi dan UKM Hanung Harimba Rachman menyampaikan, keikutsertaan kali ini merupakan salah satu upaya KemenKopUKM, dalam memperluas akses pasar produk koperasi dan UKM di pasar Amerika Serikat, khususnya dalam mendukung peran pelaku usaha perempuan Indonesia agar dapat bersaing di pasar global. 

"Ultimate Women's Expo, merupakan Expo terbesar di Amerika Serikat, dan merupakan peluang bagi UKM Perempuan Indonesia untuk dapat memperkenalkan produk bagi Perempuan di Amerika Serikat," ungkap Hanung dalam rilis yang dimuat situs KemenKopUKM pada Senin 15 November 2021 yang dikutip FIXJAKARTA.COM. 

Hanung menuturkan, setidaknya saat ini jumlah UMKM perempuan berdasarkan skala usaha mencapai 34% untuk usaha menengah, 50,6% usaha kecil dan 52,9% usaha mikro. 

Dari data tersebut, lanjut Hanung, menunjukkan bagaimana mendukung UMKM, khususnya pemberdayaan pelaku usaha perempuan merupakan suatu keniscayaan.  Hanung berharap melalui ajang ini pelaku UKM perempuan Indonesia yang ikut serta, dapat mengalami peningkatan permintaan khususnya dari pasar Amerika Serikat. 

Editor: Alfanny

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi
terpopuler
sorot