Berfoto dengan Dewi Soekarno, Artis China Zang Zhehan Di-blacklist

Sukarno | Abdul Rohman - Senin, 6 September 2021, 19:37 WIB

Artis China, Zhang ZhehanArtis China, Zhang Zhehan/Akun Facebook: Zhang Zhe Han International

FIXJAKARTA.COM - Aktor China Zhang Zhehan terlihat meninggalkan dunia hiburan sejak sebulan terakhir ini. Beberapa platform hiburan di China juga telah menghapus film, drama, pertunjukan, dan musik yang menampilkan aktor tersebut.

Penghapusan Zhang di berbagai platform internet dan entertainment China itu terjadi setelah Asosiasi Seni Pertunjukan China (CAPA) mengeluarkan larangan terhadap Zhang dalam pekerjaan apa pun.

Dikabarkan juga, banyak brand yang memutus kontrak dengan Zhang Zhehan. Terdapat sebanyak 27 merek menghentikan kerjasamanya, yang meliputi Lanvin, Pandora, Coca Cola, JBL, hingga perusahaan perhiasaan asal Jepang, Tasaki. Sejumlah proyek drama dan film pun menghentikan kolaborasi dengannya.

Hal ini dikarenakan dirinya diketahui berpose di depan kuil Yasukuni Jepang, kuil yang dianggap pengabadian kejahatan perang oleh pemerintah China. Padahal foto-foto tersebut diambil pada tahun 2018 dan 2019.

Selain foto di kuil Yasukuni, ada juga foto-foto Zhang menghadiri pernikahan di Kuil Nogi. Kuil Nogi merupakan kuil terkenal lainnya yang menghormati perwira militer kekaisaran Jepang yang menginvasi China selama Perang Dunia II.

Di kuil Nogi, Zhang menghadiri pernikahan sahabatnya. Menurut media China, Zhang Zhehan dikabarkan mendatangi pernikahan anak dari Junichiro Koizumi, mantan perdana menteri Jepang. Junichiro berasal dari keluarga Sato yang dikenal masih keturunan dari petinggi militer Jepang pada masanya.

Tak hanya sampai di situ ia juga diserang karena berfoto dengan Dewi Soekarno yang merupakan sosok kontroversial di China. Sosok mantan istri presiden pertama Indonesia tersebut dikenal sering mengungkap pandangan yang salah soal invasi Jepang ke China.

Akibat dari semua itu membuat Zhang dicap tidak nasionalis dan abai dengan sejarah yang terjadi.

Editor: Abdul Rohman

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi
terpopuler
sorot