Beredar Poster Stop Berita Covid, Pakar Psikologi: Bisa Mengurangi Kewaspadaan

Alfanny - Senin, 19 Juli 2021, 9:37 WIB

Dicky Pelupessy, Ph.DDicky Pelupessy, Ph.D/Covid19.go.id

FIXJAKARTA.COM.  Beredarnya sejumlah poster atau meme untuk menstop berita covid di sejumlah platform media sosial dinilai Pakar Psikologi dari Universitas Indonesia Dicky Pelupessy, Ph.D  bisa mengurangi kewaspadaan masyarakat tentang bahaya Covid-19.   

"Saya menyebutnya sebagai ‘false positivity’. Tidak melihat realitas secara utuh. Hanya menghadirkan kenyamanan semu. Apa akibatnya? bisa mengurangi kewaspadaan dan ketergugahan" cuit Dicky dalam akun twitternya @dickypsy pada Senin 19 Juli sebagaimana dikutip FIXJAKARTA.COM.

Lebih lanjut Dicky menambahkan bahwa dengan menghentikan semua berita tentang Covid-19 akan menyebabkan kita tidak bisa mengukur pandemi terkendali atau tidak. 

Sebelumnya, Polda Jawa Timur sedang mendalami beredarnya poster yang mengajak menghentikan berita dan informasi terkait Covid-19 yang tersebar di sejumlah media sosial. 

Poster yang beredar itu mengatasnamakan warga dari sejumlah kabupaten/kota di Jawa Timur antara lain Lamongan, Gresik, Jombang, dan daerah lainnya. 

"Warga Kabupaten Lamongan kompak untuk tidak upload berita tentang Satgas Covid-19. Biar masyarakat tenang, tentram. Stop info covid," demikian bunyi salah satu poster.

Editor: Alfanny

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi
terpopuler
sorot