Berbekal 4 Karakter Ansor, Lulusan Diklatsar Banser Harus Siap Menolong Kesulitan Masyarakat

Alfaryandi | Alfanny - Selasa, 16 November 2021, 9:21 WIB

Berbekal 4 Karakter Ansor, Lulusan Diklatsar Banser Harus Siap Menolong Kesulitan MasyarakatBerbekal 4 Karakter Ansor, Lulusan Diklatsar Banser Harus Siap Menolong Kesulitan Masyarakat/Istimewa

FIXJAKARTA.COM.  Lulusan Diklatsar Banser harus siap menolong setiap kesulitan yang dialami masyarakat seperti ketika terjadi musibah banjir, kebakaran dan sebagainya karena setiap anggota Banser sudah dibekali 4 karakter dasar kader Ansor

"Setiap kader Banser adalah Ansor dan harus memahami 4 karakter dasar pemuda Ansor, yaitu kebangsaan, kerakyatan, kepemudaan dan ke-Islaman," tegas Wakil Ketua PW GP Ansor DKI Jakarta Alfanny ketika menyampaikan materi ke-Ansor-an dalam Diklatsar Banser Kalideres, 12-14 November 2021 lalu di Madrasah Al Gaotsiyah Kamal, Jakarta Barat. 

Dengan bekal 4 karakter dasar tersebut, Alfanny menegaskan bahwa seorang kader Banser harus siap sedia menolong bila masyarakat mengalami musibah yang sering melanda wilayah Jakarta seperti banjir dan kebakaran.

"Walaupun kita juga terkena musibah, tapi kita jangan pasif dan berdiam diri tetapi harus aktif membantu masyarakat yang sedang kesulitan," tutur Alfanny. 

Alfanny juga mengingatkan agar setiap kader Banser mentaati komando pimpinan di setiap tingkatan struktur serta tidak melakukan tindakan sendiri tanpa intruksi pimpinan.

"Apalagi sampai petantang-petenteng terlibat dalam konflik pertanahan atau menjaga lahan parkir.  Tugas Banser bukan itu, tetapi menjaga ulama dan NKRI," tandas Alfanny yang pernah menjadi Ketua PC GP Ansor Jakarta Barat 2016 - 2020.

Baca Juga: https://jakarta.fixindonesia.com/berita/hadiri-pelantikan-gp-ansor-blora-gus-aun-minta-kader-ansor-pegang-teguh-4-karakter-pemuda/vLCiyTPkgAYAuDSv5LoTqh

Pelaksanaan Diklatsar yang diikuti sekitar 30-an peserta ini juga dihadiri oleh beberapa ulama NU dan pengurus Ansor diantaranya  KH. Suhairi Gaos (Katib Syuriah PCNU Jakarta Barat), KH. Ahmad Somad (Rois Syuriah MWCNU Kalideres), Wahyudin (PW GP Ansor DKI Jakarta), Nurzaman Siddiq SQ (Komandan Satkorcab Banser Jakarta Barat) serta Muhammad Muhazhab (Ketua PC GP Ansor Jakarta Barat). Turut hadir dan menyampaikan materi Kamtibmas, Bripka Sarif, SH., MH. dari Polsek Kalideres.   

Bripka Sarif dalam sambutannya menerangkan perlunya kader Banser untuk terus mendakwahkan Islam yang toleran.

"Banser juga diharapkan mampu untuk melakukan tindakan pencegahan terutama dalam hal yang berkaitan dengan keamanan di masyarakat,jangan ragu untuk melaporkan kepada aparat apabila ada tindakan yang mengancam keutuhan bangsa dan negara," ujar Sarif.

Editor: Alfanny

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi
terpopuler
sorot