Belasungkawa Atas Kebakaran Lapas di Tangerang, Komnas HAM: Kondisi Lapas Overcapacity Rendahkan Martabat Manusia

Alfanny - Kamis, 9 September 2021, 10:47 WIB

Wakil Ketua Komnas HAM AmiruddinWakil Ketua Komnas HAM Amiruddin/Istimewa

FIXJAKARTA.COM.  Kebakaran di Lapas Tangerang yang menyebabkan 41 narapidana meninggal dunia disikapi dengan keprihatinan oleh Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM).

"Komnas HAM RI menyampaikan belasungkawa dan keprihatinan yang mendalam atas peristiwa kebakaran di Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Tangerang, Banten pada Rabu, 8 September 2021," demikian bunyi rilis Komnas HAM yang diterima FIXJAKARTA.COM. 

Komnas HAM menyatakan bahwa warga binaan lembaga pemasyarakatan merupakan orang-orang yang sedang dirampas kemerdekaannya dan berada dalam pengawasan dan tanggung jawab Negara dan harus dipastikan keselamatannya.

"Selain itu, kami juga meminta perlu dilakukan evaluasi secara menyeluruh terkait kondisi lapas yang cenderung over kapasitas terutama sekali tentang SOP Kedaruratan di Lembaga Pemasyarakatan sehingga peristiwa yang sama tidak terulang kembali," tambah Komnas HAM

Sementara itu Wakil Ketua Komnas HAM Amiruddin mengungkapkan bahwa overcapacity di lapas tersebut merupakan persoalan serius yang bisa menimbulkan berbagai dampak lainnya.

"Mulai dari tekanan psikologis, sempitnya ruang istirahat dan buruknya pelayanan seperti makanan. Dalam perpektif HAM hal demikian bisa disebut kondisi yang merendahkan martabat manusia," ujar Amiruddin kepada reporter FIXJAKARTA.COM pada Kamis 9 September 2021. 

Amiruddin menyarankan aparat hukum menerapkan restorative justice untuk mengurangi over capacity di lapas. 

"Artinya kejahatan-kejahatan ringan tidak perlu dimasukan lapas, tapi bisa diberi sanksi lain. Atau jenis kejahatan-kejahatan tertentu cukup dengan sanksi denda," pungkas Amiruddin

Editor: Alfanny

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi
terpopuler
sorot