Baru 42,9% Pohon Ditebang untuk Proyek MRT Jakarta Yang Diganti

Alfanny - Senin, 15 November 2021, 9:18 WIB

Baru 42,9% Pohon Ditebang untuk Proyek MRT Jakarta Yang DigantiBaru 42,9% Pohon Ditebang untuk Proyek MRT Jakarta Yang Diganti/Istimewa

FIXJAKARTA.COM.    PT MRT Jakarta (Perseroda) masih melakukan penggantian pohon yang ditebang akibat terdampak pembangunan MRT Jakarta Fase 2A Kontrak Paket 203 Glodok-Kota. Berdasarkan data yang diperoleh, PT MRT Jakarta (Perseroda) telah menanam sejumlah 713 pohon pengganti atau sebesar 42,9% dari total target keseluruhan yaitu 1.660 pohon per 7 November 2021.

Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda), William Sabandar mengatakan, sebanyak 166 pohon terdampak pembangunan akan diganti. Terdiri dari 116 pohon terdampak pembangunan Stasiun Glodok, serta 50 pohon terdampak pembangunan Stasiun Kota.

"Diperlukan 1.660 pohon pengganti sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta. Hingga 7 November 2021 kami telah menanam sebanyak 713 pohon pengganti," ujarnya, Senin 15 November 2021 sebagaimana dikutip FIXJAKARTA.COM dari beritajakarta.id. 

William menjelaskan, selain pohon pengganti, juga ada 86 pohon terdampak pembangunan MRT Jakarta Fase 2A Kontrak Paket 203 Glodok-Kota yang akan dipindahkan ke titik yang telah ditentukan oleh Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta.

"Rinciannya, 23 pohon dari Stasiun Glodok dan 63 pohon dari Stasiun Kota," terangnya.

Menurut William, penanaman pohon pengganti dilakukan seiring dengan relokasi pohon. Area penanaman pohon pengganti dan relokasi tersebut secara bertahap dilakukan di Jalan Ciputat Raya, Jakarta Selatan dan lokasi lainnya.

"Relokasi dan penanaman dilakukan di lahan milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan di lokasi lain yang ditentukan oleh Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta," paparnya. 

William menambahkan, penanganan pohon terdampak pembangunan Stasiun Glodok dan Stasiun Kota sudah dilakukan sesuai prosedur perizinan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PM dan PTSP).

"PT MRT Jakarta (Perseroda) sangat mendukung upaya menjaga dan melestarikan lingkungan dengan memastikan pekerjaan konstruksi yang dilakukan tetap mematuhi peraturan yang berlaku," tandasnya.

Secara keseluruhan terdapat 252 pohon yang terdampak proses pembangunan CP203 MRT Jakarta Fase 2A dengan komposisi sebanyak 139 pohon di Stasiun Glodok dan 113 di Stasiun Kota. Setiap pohon yang terdampak akan diganti dan direlokasi untuk ditanam kembali, serta dilestarikan demi pelestarian lingkungan yang berkelanjutan.

Editor: Alfanny

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi
terpopuler
sorot