res

Banyak Penjahat Siber, Hati-hati Download Aplikasi Squid Game

Sukarno | Abdul Rohman - Minggu, 24 Oktober 2021, 18:04 WIB

Ilustrasi banyak penjahat siber, hati-hati download aplikasi Squid GameIlustrasi banyak penjahat siber, hati-hati download aplikasi Squid Game/pixabay.com

FIXJAKARTA.COM - Serial Squid Game hingga kini masih bertengger dalam rating tertinggi dalam daftar film Netflix. Kans besar terhadap serial ini, ternyata dimanfaatkan penjahat siber untuk mengelabui penggemar serial asal Korea Selatan tersebut. Hati-hati download aplikasi Squid Game.

Hal ini diungkapkan oleh peneliti malware Android dari ESET, Lukas Stefanko.

Dia menyebut ada lebih dari 200 aplikasi bertema Squid Game di dalam Play Store. Di antara aplikasi-aplikasi tersebut, salah satunya diketahui telah disusupi malware berbahaya.

Baca juga: Sindiran Gus Yaqut yang Tak Mampu Dicerna Kaum Gagal Paham

Mulanya ada seorang peneliti keamanan Android yang diduga pemilik akun @rebensk, yang mengungkap adanya kelemahan dalam aplikasi wallpaper Squid Game. Hasil amatan itu lalu dianalisa oleh Stefanko. Hasilnya, mereka berdua menyimpulkan bahwa aplikasi tersebut ditunggangi malware Joker.

"Saya akan hati-hati bila mengunduh aplikasi tak resmi apapun," katanya, seperti yang dikutip FIXJAKARTA.COM pada minggu 24 Oktober 2021.

"Kalaupun ingin memasangnya, saya sarankan untuk membaca ulasan dari pengguna lain yang bisa memberikan gambaran seperti apa aplikasi tersebut sebenarnya," imbuh Stefanko.

Menurut berbagai sumber, malware Joker diketahui telah sering menyusupi aplikasi Play Store. Sebelumnya, malware ini telah mengeksploitasi game populer seperti Fortnite dan Pokemon Go, serta pelacak Covid-19, dengan cara menciptakan aplikasi fandom.

Editor: Abdul Rohman

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi
terpopuler
sorot