Bantu Pasien Covid di Kepulauan, Gusdurian Sumbang Ambulan Laut

Alfanny - Selasa, 27 Juli 2021, 7:10 WIB

Ambulan LautAmbulan Laut/gusdurian.net

FIXJAKARTA.COM.  Penularan Covid-19 saat ini tidak hanya dimonopoli daerah perkotaan tapi sudah menyebar hingga ke pelosok perdesaan bahkan hingga daerah-daerah terpencil di kepulauan.   Kesulitan warga di kepulauan adalah membawa pasien covid ke fasilitas kesehatan yang umumnya berada di daratan. 

Menyadari kesulitan tersebut, sejumlah relawan yang tergabung dalam Gusdurian menggalang dana dan membelikan perahu untuk digunakan sebagai ambulan laut.

"Kami sudah membeli satu unit kapal ambulans laut untuk di Madura dan satu lagi akan kami tempatkan di Flores Timur,” terang Gus Aak Abdullah al-Kudus, relawan Gusdurian sebagaimana dilansir oleh website gusdurian.net yang dikutip FIXJAKARTA.COM. 

Menurut Gus Aak, untuk menuju rumah sakit terdekat di Madura saja butuh lima jam menggunakan perahu. Namun, persoalannya perahu tersebut tidak bisa dipakai untuk orang yang terpapar Covid karena takut menular.

Selain itu, Gusdurian Peduli juga terus bergerak membantu tenaga kesehatan dan petugas pemakaman mulai dari kebutuhan APD dan paket imun terdiri dari susu, madu, vitamin, dan lainnya. Di Pare, Gusdurian membuat peti mati dan melakukan pemulasaran jenazah. 

Gusdurian Peduli juga telah membuat bantuan pendampingan untuk masyarakat yang sedang isolasi mandiri di 15 Kota. Adapun paket isoman sendiri terdiri dari paket sembako, paket kesehatan, serta layanan konsultasi dokter.

Editor: Alfanny

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi
terpopuler
sorot