Bantu 500 UMKM Binaan Dapatkan Pinjaman Dari Bank, Anggota DPR Tommy Kurniawan Apresiasi Jamkrindo

Alfanny | Dwi Saputro Nugroho - Senin, 22 November 2021, 10:33 WIB

Bantu 500 UMKM Binaan Dapatkan Pinjaman Dari Bank, Anggota DPR Tommy Kurniawan Apresiasi JamkrindoBantu 500 UMKM Binaan Dapatkan Pinjaman Dari Bank, Anggota DPR Tommy Kurniawan Apresiasi Jamkrindo/Istimewa

FIXJAKARTA.COM.  Anggota Komisi VI DPR RI Tommy Kurniawan mengapresiasi capaian kinerja Jamkrindo (PT Jaminan Kredit Indonesia) yang tumbuh positif dalam segi hal penjaminan, baik nasional dan juga daerah. Tommy berharap Jamkrindo yang saat ini sudah membina 500 UMKM untuk mendapatkan pinjaman dari Bank, ke depannya bisa bertambah menjadi dua kali lipat di tahun 2022.  Tommy mengungkapkan hal tesebut saat pertemuan Komisi VI DPR RI dengan Asisten Deputi Jasa Asuransi Dana Pensiun Kementerian BUMN, Direktur Utama PT Jamkrindo, Direktur Keuangan Investasi dan MR PT Jamkrindo, dan Sekretaris Daerah Lombok Barat, di Lombok Barat, Nusa Teggara Barat, Jumat 19 November 2021 lalu. 

“Saya dengarkan pemaparan dari pihak Jamkrindo bahwasanya dari segi laporan keuangan tumbuh positif pasalanya dalam kondisi pandemi Covid-19, banyak melakukan penjaminan. Saya rasa pencapaian tersebut bisa diapresiasi,” kata Tommy sebagaimana dimuat situs DPR yang dikutip FIXJAKARTA.COM. 

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu menambahkan, kehadiran Jamkrindo dapat memberikan penjaminan kepada UMKM agar mudah mendapatkan pinjaman, salah satunya Kredit Usaha Rakyat (KUR).

“Agar dapat membantu UMKM yang feasible (layak), tetapi tidak  bankable (tidak memenuhi syarat perbankan untuk mendapatkan pinjaman). Para pelaku UMKM bisa mendapatkan manfaat lebih baik, bisa naik kelas sehingga menjadi bankable. Jika nanti  status (UMKM) sudah bisa bankable, mereka bisa mengajukan (pinjaman) sendiri tanpa harus ada penjaminan,” jelas Tommy.

Baca Juga: https://jakarta.fixindonesia.com/berita/telah-salurkan-dana-bergulir-rp12-triliun-lpdb-kumkm-dukung-pemulihan-ekonomi-pasca-pandemi/3Hr84s8QAghNBojRJsFDYk

Namun Tommy mengingatkan, agar ke depannya Jamkrindo harus mendorong UMKM agar bisa naik kelas, sehingga pertumbuhan ekonomi bisa berdampak baik.

“Saya menilai pencapaian kinerja Jamkrindo sudah sesuai harapan. Banyak yang sudah dilakukan sesuai  peraturan yang berlaku di Corporate Governance (GSG). Ke depan pemanfaatan bisa lebih luas lagi, sehingga berdampak pada peningkatan UMKM,” pungkas Tommy. .

Editor: Alfanny

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi
terpopuler
sorot