Banjir Bandang Kota Batu, Mensos Risma Instruksikan Layanan Dukungan Psikosial (LDP) Bagi Korban

Alfanny - Selasa, 9 November 2021, 10:12 WIB

Banjir Bandang Kota Batu, Mensos Risma Instruksikan Layanan Dukungan Psikosial (LDP) Bagi KorbanBanjir Bandang Kota Batu, Mensos Risma Instruksikan Layanan Dukungan Psikosial (LDP) Bagi Korban/situs kemensos

FIXJAKARTA.COM.  Untuk meringankan penderitaan dan menghilangkan trauma korban banjir bandang Kota Batu yang terjadi Kamis 4 November 2021 lalu, Mensos Risma menginstruksikan jajarannya untuk memberikan Layanan Dukungan Psikosial (LDP)

Tim Respon Cepat Balai Margo Laras segera berkoordinasi dengan Dinas Sosial Kota Batu, Kepala Bidang Linjamsos, Kasmari dan Kasie Rehsos, Dewi menjelaskan bahwa Titik lokasi terdampak parah yaitu Kec. Bumiaji, Desa Sumber Brantas, Bulu Kerto, Desa Tulung Rejo, Desa Padang Rejo dan Desa Sidomulyo

Sementara itu, Tagana Kota Batu beserta relawan lainnya telah menurunkan tim ke lokasi kejadian untuk melakukan keji cepat dan pendataan. Tagana kota Batu juga membersihkan lumpur dan melakukan pencarian korban yang hilang serta mempersiapkan lokasi pengungsian dan dapur umum bagi korban banjir bandang Kota Batu. 

Kondisi terakhir Kamis, 04 November 2021 Pukul 17.50 WIB cuaca saat ini hujan dengan intensitas ringan dan banjir sudah surut.

Baca Juga: https://jakarta.fixindonesia.com/berita/kota-batu-diterjang-banjir-bandang-banser-evakuasi-korban-dan-dirikan-posko-bantuan/sSxH35DStS6fsfbtXCyuh5

Upaya yang dilakukan Tim Balai Margo Laras setelah berkoordinasi dengan Dinsos Kota Batu dengan mengecek langsung dapur umum dan posko pengungsi, dilanjutkan dengan pemberian bantuan ATENSI (Asistensi Rehabilitasi Sosial) berupa bahan ADL dan nutrisi.

Tim Balai Margo Laras mengungkapkan manfaat Kegiatan layanan dukungan psikososial guna memberikan terapi psikologis agar anak-anak yang mengalami trauma dapat pulih.

"Kami berikan dukungan sosial dan tetapi bermain, menggambar dan berikan paket makanan ringan, sedangkan 3 anak lainya yang mengalami trauma berat kami berkoordinasi dengan sakti peksos kota Batu, tandas Jiwaningsih saat sambutan di kelurahan Bulu Kerto Gedung Serba Guna Kec Bumiaji," ungkapnya dalam rilis di situs Kemensos yang dikutip FIXJAKARTA.COM. 

"Kami sangat senang diajak bermain, menggambar dan diberi jajan meskipun masih agak takut banjir datang lagi, kaki saya luka kena kayu saat banjir bandang Kota Batu ," ucap Cila, salah seorang anak yang menjadi korban banjir bandang Kota Batu. 

Editor: Alfanny

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi
terpopuler
sorot