Bahas Kecurangan Tes CPNS, Komisi II DPR dan Menpan RB Gelar Rapat Tertutup, Tes CPNS Akan Diulang?

Alfanny - Selasa, 16 November 2021, 8:30 WIB

Bahas Kecurangan Tes CPNS, Komisi II DPR dan Menpan RB Gelar Rapat Tertutup, Tes CPNS Akan Diulang?Bahas Kecurangan Tes CPNS, Komisi II DPR dan Menpan RB Gelar Rapat Tertutup, Tes CPNS Akan Diulang?/Istimewa

FIXJAKARTA.COM.   Rapat Dengar Pendapat Komisi II DPR RI bersama Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) dengan agenda pembahasan tentang kecurangan pada pelaksanaan tes calon pegawai sipil negara (CPNS) 2021 digelar secara tertutup. Apakah tes CPNS akan diulang?

Dalam rapat yang dihadiri 32 anggota dari 9 fraksi secara fisik dan virtual itu Junimart mengatakan, Komisi II akan meminta penjelasan MenPAN-RB terkait kecurangan pada tes CPNS yang terjadi beberapa waktu lalu. Rapat dilakukan secara tertutup karena pemerintah masih menyelidiki penyebab kecurangan yang terjadi saat tes CPNS.

“Dalam rangka untuk mendapatkan jawaban dan masukan yang masih dalam proses penyelidikan tentu ini hanya menjadi konsumsi internal Komisi II dan Kementerian PAN RB,” ungkap Wakil Ketua Komisi II DPR Junimart Girsang sebagaimana dilansir situs DPR pada Senin 15 November 2021 yang dikutip FIXJAKARTA.COM. 

Sebelumnya marak pemberitaan di media, ada dugaan kecurangan yang dilakukan 225 peserta dalam proses seleksi calon aparatur sipil negara (ASN) 2021. Dugaan kecurangan tersebut ditemukan tepatnya dalam tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Baca Juga: https://jakarta.fixindonesia.com/berita/temuan-kecurangan-di-buol-wakil-ketua-komisi-ii-dpr-luqman-hakim-desak-pemerintah-investigasi-seleksi-calon-asn/Uf8iyb3LpzLryvbckabcyB

Badan Kepegawaian Negara (BKN) juga mengungkapkan adanya indikasi kecurangan dalam tes CPNSdi beberapa titik lokasi. Setidaknya ditemukan ada 225 kasus terkait kecurangan tes CPNS, sebanyak 202 orang terlibat kecurangan tes CPNS di Makassar dan 23 orang di Lampung. 

Menanggapi kecurangan tersebut, Junimart Girsang beberapa waktu lalu meminta pemerintah mengulang tes CPNS 2021 secara menyeluruh karena ada dugaan kecurangan saat seleksi. BKN merespon tuntutan tes CPNS diulang tersebut dengan menyatakan bahwa kecurangan hanya terjadi di sebagian kecil lokasi. 

Editor: Alfanny

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi
terpopuler
sorot