Bagaimana Agar Anak Muda Mau Jadi Petani? Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qolbi Ungkap Strateginya

Alfanny - Senin, 9 Agustus 2021, 22:31 WIB

Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul QolbiWakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qolbi/Istimewa

FIXJAKARTA.COM.  Keinginan Presiden Jokowi beberapa hari yang lalu agar anak-anak muda Indonesia termotivasi untuk menjadi petani dijabarkan secara teknis oleh Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qolbi.

Menurut Harvick diperlukan strategi khusus agar anak-anak muda kembali meminati sektor pertanian.   |

"Ada dua strategi yang dapat dilakukan untuk membuat sektor pertanian diminati oleh anak-anak muda. Pertama, menjamin income atau penghasilan yang memadai bagi petani," urai Harvick di akun facebooknya pada Senin 9 Agustus 2021 sebagaimana dikutip FIXJAKARTA.COM. 

"Kedua, membangun trust atau kepercayaan soal pengadaan benih atau pupuk, penyuluhan, modernisasi alat mesin pertanian, dan lainnya," tambah Harvick. 

Bila dua strategi tersebut bisa dijalankan, Harvick optimis sektor pertanian akan kembali diminati anak-anak muda dan akan membawa kemajuan bagi sektor pertanian. 

"Sehingga, apa yang diharapkan oleh Presiden Jokowi yaitu petani berdasi dan koperasi petani yang membentuk korporasi dapat terwujud," pungkas Harvick. 

Berdasarkan data BPS (Biro Pusat Statistik), jumlah petani di generasi milenial, alias yang berumur 19-39 tahun, terus menurun. Jumlahnya kini hanya 2,7 juta, atau 8% dari total petani di Indonesia.   

Mandeknya regenerasi petani bisa menyebabkan Indonesia  mengalami krisis petani pada 10 tahun ke depan yang kemudian bisa mengancam aspek ketahanan pangan bangsa ini.

Editor: Alfanny

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi
terpopuler
sorot