Azis Ditahan KPK, Pengamat: Dia Bermain Sudah Lama

Dwi Saputro Nugroho | Abdul Rohman - Sabtu, 25 September 2021, 6:37 WIB

null

FIXJAKARTA.COM. Wakil Ketua DPR RI dari Fraksi Golkar, Azis Syamsuddin dijemput paksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dia ditangkap KPK terkait kasus dugaan suap penanganan perkara di Kabupaten Lampung Tengah.

Ketua Badan Advokasi Hukum dan HAM Partai Golkar, Supriansa menyatakan, partainya menghormati proses hukum yang berlaku di KPK. Golkar juga segera menyiapkan pengganti Azis Syamsuddin di DPR.

Azis Syamsuddin usai diperiksa KPK, langsung ditahan dan mengenakan rompi orange. Menanggapi hal ini, pengamat hukum yang juga Ketua LBH dan HAM PB IKA PMII, Dwi Nugroho ikut memberikan komentarnya kepada FIXJAKARTA.COM, Sabtu, 25 September 2021.

"Azis sudah lama bermain. Dia sangat menguasai medan permainan politik hukum. Pernah menjadi Wakil Ketua Komisi Hukum di DPR, di Ormas pernah Ketum KNPI dan juga seorang advokat," ujar Dwi Nugroho.

Menurut Dwi Nugroho, korupsi yang dilakukan Azis termasuk corruption by greed atau grand corruption, yakni korupsi politik yang dilakukan pejabat tinggi dengan motif kepentingan politik yang sebenarnya sudah sangat berkecukupan. Perlu diketahui, harta Azis Syamsuddin senilai 100 M.

"Azis mempunyai banyak teman Kepala Daerah, ketika jadi target KPK, mereka meminta bantuan Azis Syamsuddin, termasuk diantaranya bekerjasama dengan penyidik KPK. Ketika penyidik tertangkap, semua terbongkar di Pengadilan," jelas Dwi Nugroho.

Lebih lanjut, Dwi Nugroho mengharapkan KPK mengusut kasus yang menimpa Azis Syamsuddin setuntas-tuntasnya.

(dsn)

Editor: Abdul Rohman

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi
terpopuler
sorot